visitaaponce.com

KPU Akhiri Proses Rekapitulasi Suara Nasional dari Luar Negeri

KPU Akhiri Proses Rekapitulasi Suara Nasional dari Luar Negeri
Pleno rekapitulasi penghitungan surat suara luar negeri(MI/Usman Iskandar)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI rampung melakukan rekapitulasi penghitungan tingkat nasional Pemilu 2024 untuk suara pemilih dari luar negeri. Dari 128 panitia pemilihan luar negeri (PPLN), hanya satu yang belum direkapitulasi, yakni Kuala Lumpur karena harus melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Taipei menjadi PPLN terakhir yang suaranya direkapitulasi tingkat nasional pada Senin (4/3). Proses rekapitulasi suara tingkat nasional sendiri sudah dimulai sejak Rabu (28/2) lalu. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, urutan rekapitulasi dimulai dari PPLN yang hadir terlebih dahulu di Kantor KPU RI, Jakarta.

"Untuk mempercepat proses kita buat dua panel, panel A dan panel B. Dan hari ini, Senin 4 Maret 2024 adalah kesempatan terakhir rekap untuk PPLN. Dan memang dijadwalkan rekap untuk PPLN, jadwal terakhirnya hari ini," kata Hasyim.

Baca juga : KPU Skors Rekapitulasi Tingkat Nasional Karena Sidang di DKPP

"Jadi alhamdulillah rekapitulasi dengan teman-teman PPLN bisa kita selesaikan sesuai dengan jadwal," sambungnya.

Kendati demikian, Hasyim mengatakan suara pemilih yang mencoblos di PPLN Kuala Lumpur belum direkapitulasi. Sebab, KPU memutuskan untuk menggelar PSU bagi pemilih yang sebelumnya memilih lewat metode pos dan kotak suara keliling (KSK) dan tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN).

Rencananya, PSU di Kua Lumpur bakal digelar pada Sabtu (9/3) dan Minggu (10/3) mendatang. Adapun KPU hanya menggelar PSU di Kuala Lumpur dengan metode KSK dan pemungutan suara langsung di tempat pemungutan suara (TPS) dan pemungutan suara langsung di TPSLN. Hasyim menargetkan proses penghitungan suara PSU PPLN Kuala Lumpur berakhir pada Senin (11/3).

"Paling lambat 15 Maret 2024 harus sudah sampai ke tingkat nasional," tandas Hasyim.

Rekapitulasi suara pemilih di PPLN Taipei sendiri menunjukkan bahwa Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan 51.706 suara. Sementara Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar masing-masing memperoleh 9.510 dan 3.880 suara. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat