visitaaponce.com

Jaksa Agung ST Burhanuddin Pastikan terus Bersih-bersih BUMN

Jaksa Agung ST Burhanuddin Pastikan terus Bersih-bersih BUMN
BUMN(Antara)

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan bersih-bersih BUMN demi mencegah risiko fraud. Fraud merupakan perbuatan manipulasi atau penipuan yang dilakukan individu maupun organisasi yang menyimpang dan dapat merugikan masyarakat, perusahaan dan negara.

Di sisi lain, fraud juga dapat diartikan sebagai bentuk kecurangan dalam menyajikan laporan keuangan yang dilakukan secara sengaja untuk kepentingan pribadi.

“Kejaksaan RI sebagai aparat penegak hukum turut memiliki peran dan tanggung jawab melakukan pencegahan maupun penindakan fraud di sektor BUMN. Sebagai bentuk dukungan, Kejaksaan telah menjalankan program bersih-bersih BUMN bersama Kementerian BUMN melalui langkah preventif hingga represif,” ujar Burhanuddin melalui keterangan tertulsi, Selasa (5/3).

Baca juga : Jaksa Agung: Netralitas ASN Kejaksaan adalah harga mati!

Burhanuddin mengatakan BUMN merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menjalankan perekonomian kerakyatan. Mereka juga dituntut memberikan pelayanan kepada masyarakat sekaligus memberikan keuntungan bagi negara.

Oleh karena itu, jika risiko fraud tidak dicegah, dampaknya bisa sangat signifikan dan merugikan mulai dari segi finansial, reputasi, hingga pengaruh negatif bagi investasi.

“Terjadinya fraud dalam lingkup BUMN akan sangat berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembangunan nasional. Sebagai langkah mitigasi terkait hal tersebut, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2023 tentang Manajemen Risiko Pembangunan Nasional,” terangnya.

Jaksa Agung menambahkan, pengungkapan kasus di BUMN oleh Kejagung menjadi bukti konkret keseriusan pemerintah dalam membenahi perusahaan plat merah. Ia berharap kolaborasi antara BUMN, BPKP dan Kejaksaan dapat terus berjalan dan meningkat.

“Kejaksaan akan selalu membuka diri untuk bekerja sama dengan banyak pihak dalam mendukung semua program pemerintah. Mewujudkan BUMN yang bersih dari korupsi adalah pekerjaan besar bagi kita semua yang akan bermanfaat tidak hanya hari ini, tetapi juga untuk generasi mendatang,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat