visitaaponce.com

IFSR Minta MK Wujudkan Keadilan Gizi Bagi Seluruh Pelajar di Indonesia

IFSR Minta MK Wujudkan Keadilan Gizi Bagi Seluruh Pelajar di Indonesia
ANggota Indonesia Food Security Review (IFSR) menuntut MK kabulkan permohonan pemerataan gizi bagi anak-anak(Dok)

INDONESIA Food Security Review (IFSR) mendatangi Mahkamah Konstitusi untuk memenuhi panggilan sidang pendahuluan atas tuntutan terhadap hak konstitusional yang mesti diberikan oleh setiap pelajar SD, SMP maupun SMA dengan tingkatan sederajat untuk menerima makanan yang bergizi di sekolah setiap hari.

Dalam tuntutannya IFSR menuntut keadilan dalam hal gizi di tanah air. Mereka memandang bahwa negara belum memenuhi kewajibannya dalam memastikan bahwa setiap pelajar mendapatkan asupan gizi yang memadai di lingkungan pendidikan. 

Dalam sidang ini, perwakilan dari IFSR dan Maksi menyajikan argumen-argumen yang menyoroti pentingnya kebijakan pemberian makanan bergizi di sekolah sebagai bagian dari dukungan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Indonesia.

Baca juga : Perbaikan Gizi Anak Bisa Dimulai di Usia Sekolah Dasar

Setelah sidang selesai, perwakilan dari IFSR dan Maksi menyatakan optimisme mereka dalam meraih keadilan bagi setiap pelajar Indonesia. Mereka mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak Indonesia dan memastikan hak mereka atas pangan yang bergizi terpenuhi dengan baik.

“Setelah mendengar beberapa keputusan audiensi baik di Jawa Tengah maupun Jawa Timur, kami merasa perlu untuk menindaklanjuti hingga sampai ke MK, untuk memperjuangkan hak-hak dari adik-adk kiita, para pelajar saat ini. Harapannya, semoga sidangnya tadi dapat menjadi hasil yang baik dan menjadi hadiah bagi seluruh adik-adik kita yang masih menjalani bangku pendidikan” Ungkap Dewa, Direktur Eksekutif IFSR.

Glory, Dewan Pembina dari IFSR, menyatakan bahwa mereka sangat mendesak agar negara bertanggung jawab penuh dalam memastikan setiap pelajar mendapatkan asupan gizi yang memadai di sekolah. Dalam pernyataannya, Glory menegaskan, Kesejahteraan anak-anak Indonesia adalah prioritas utama, dan pemberian makanan bergizi di sekolah bukanlah sekadar hak, tetapi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh negara. 

Baca juga : Jangan Lupa Makan Makanan Bergizi Usai Donor Darah

“Oleh karena itu, kami berharap semoga Indonesia menjadi negara ke-77 yang menjalankan program free school meal ini,” ujarnya. 

IFSR, Maksi dan berbagai elemen masyarakat ini tergabung dan ingin menyampaikan tuntuan mereka ke MK ini hadir dengan alasan sederhana.

“Anak-anak yang mendapatkan gizi yang cukup akan memiliki peluang yang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga akan menjadi generasi yang lebih produktif dan berkualitas,” ujarnya. 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat