visitaaponce.com

Barcelona Raih Kemenangan Dramatis atas Cadiz di Markas Baru

Barcelona Raih Kemenangan Dramatis atas Cadiz di Markas Baru
Barcelona berhasil menang 2-0 atas Cadiz di stadion Olimpiade di bukit Montjuic.(AFP)

DUA gol akhir dari Pedri dan Ferran Torres membawa juara La Liga, Barcelona, meraih kemenangan 2-0 atas Cadiz dalam pertandingan kandang pertama mereka di luar Camp Nou, Minggu (20/8).

Bermain di Stadion Olimpiade di bukit Montjuic, Barcelona hampir harus puas dengan hasil imbang hingga gol-gol kemenangan akhirnya tercipta. Setelah bermain imbang tanpa gol melawan Getafe pada akhir pekan pembukaan, Cadiz hampir berhasil mencuri poin yang sama sampai Ilkay Gundogan membuka peluang untuk Pedri mencetak gol.

Ferran Torres yang datang sebagai pemain pengganti berhasil mencetak gol di masa injury time, menambah kilau pada pertandingan yang sebenarnya kurang meyakinkan.

Baca juga : Xavi Hernandez : Kemenangan Barcelona Sangat Layak

"Puas dan cukup senang dengan kinerja tim serta permainan posisional mereka, saya rasa kemenangan ini benar-benar pantas," kata pelatih Barca, Xavi Hernandez.

Pelatih asal Katalan ini, yang tidak boleh berada di pinggir lapangan setelah dikeluarkan dari pertandingan melawan Getafe, memilih pemain berusia 16 tahun, Lamine Yamal, sebagai pemain sayap kanan menggantikan Raphinha yang absen akibat skorsing.

Yamal, yang pertama kali tampil sebagai starter untuk klub ini, mendekatkan Barcelona pada gol pertama dengan tendangan sudut yang hampir masuk. Sayangnya berhasil digagalkan kiper Cadiz, Jeremias Ledesma.

Baca juga : Torres Cetak Hattrick, Barcelona Tekuk Betis

Penampilan pemain muda ini menyenangkan hampir 40.000 penggemar yang hadir—namun terdapat sekitar 10.000 kursi kosong karena banyaknya pemegang tiket musiman yang tidak mengambil tiket mereka akibat pindah sementara dari Camp Nou.

"Menurut saya, ini sangat positif bagi klub dan para penggemar, bahwa ada 40.000 orang yang datang mendukung tim," kata Xavi, meskipun atmosfer di stadion terasa cukup sunyi.

Di pihak lain, kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, melakukan penyelamatan luar biasa untuk mencegah Roger Marti mencetak gol dalam situasi satu lawan satu, setelah Alejandro Balde kehilangan bola di garis tengah lapangan.

Baca juga : Valencia Tahan Imbang Barcelona

Pemain baru, Oriol Romeu, hampir mencetak gol setelah kerumunan di kotak penalti pada awal babak kedua, tetapi Barcelona kesulitan untuk menembus pertahanan Cadiz.

Ruben Alcaraz hampir memberikan keunggulan bagi tim tamu, namun tendangan kerasnya melebar dari gawang, sementara Chris Ramos juga hampir mencetak gol dengan tendangan keras.

Gelandang Barca, Gavi, menyundul bola yang membentur mistar gawang di sisi lain lapangan, sebelum Xavi memasukkan Ez Abde, pemain sayap Maroko, sebagai penggantinya.

Baca juga : Lionel Messi Minta Dua Syarat untuk Balik ke Barca

Pelatih ini mengubah formasi menjadi tiga bek, dan juga memasukkan Ansu Fati menggantikan Balde dalam upaya mencari gol pembuka.

Meningkatkan Tekanan
Barcelona mengirimkan umpan silang ke kotak penalti, mencari Robert Lewandowski, tetapi pemain Polandia ini tidak berhasil membuat ancaman yang signifikan. "Dia akan mencetak gol, dia perlu bersabar lebih banyak," kata Xavi, mengungkapkan kekhawatirannya terhadap Lewandowski yang sering menggeser posisi untuk ikut terlibat dalam permainan.

"Keinginannya untuk turun, saya mengerti. Tetapi Anda tidak boleh kehilangan posisi Anda. Saya pikir dia tampil lebih baik di babak kedua dengan bekerja untuk tim, dan dia menciptakan peluang untuk gol yang dicetak oleh Ferran."

Baca juga : Xavi Akui Barcelona Bermain Buruk saat Kalah Lawan Rayo Vallecano

Abde hampir mencetak gol dari tendangan melengkung yang keras, tetapi Ledesma melakukan penyelamatan brilian setelah jeda pendingin di tengah panas senja.

Akhirnya, mereka berhasil membuka kebuntuan saat mantan gelandang Manchester City, Gundogan, melepaskan umpan cantik untuk Pedri yang berhasil mencetak gol kedua dengan sisa delapan menit. 

Pemain asal Kepulauan Canary ini mengangkat kaus sebagai penghormatan kepada Tenerife, yang saat ini dilanda kebakaran hutan. "Sulit, ya, kami seharusnya mencetak gol lebih awal," ujar Xavi kepada Movistar.

Baca juga : Ditumbangkan Rayo Vallecano, Barcelona Gagal Perlebar Jarak dari Real Madrid

Pelatih ini memuji Gundogan atas dampaknya di zona akhir lapangan. "Ini sebabnya kami merekrut Gundogan, dia membuat perbedaan dengan umpan akhir," tambahnya.

Cadiz hampir menyamakan kedudukan melalui Darwin Machis, tetapi tembakannya dari jarak dekat melambung di atas mistar gawang. Torres mengamankan kemenangan untuk Barcelona setelah ia menyambut umpan kepala Lewandowski, melewati pertahanan Cadiz yang kurang kokoh, dan mencetak gol.

"Kami kembali merasakan kesulitan tetapi kami menang, yang paling penting adalah mendapatkan rasa percaya diri," kata Frenkie de Jong kepada Movistar. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat