visitaaponce.com

Manchester City vs Bournemouth Gol Foden Dekatkan Man City ke Puncak Klasemen

Manchester City vs Bournemouth: Gol Foden Dekatkan Man City ke Puncak Klasemen
Phil Foden menjadi pahlawan kemenangan Manchester City 1-0 atas Bournemouth, menjaga asa untuk merebut gelar Liga Primer dari Liverpool. (AFP)

PHIL Foden menjadi pahlawan bagi Manchester City dengan mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 atas Bournemouth. Keunggulan itu menjadikan mereka berada dalam jarak satu poin dari pemimpin klasemen Liverpool dalam pengejaran gelar Liga Primer.

Dengan Liverpool tengah bersiap untuk bertanding di final Piala Liga melawan Chelsea pada Minggu, City memanfaatkan kesempatan ini mendekatkan diri dalam pertandingan tambahan yang mereka miliki dibandingkan dengan tim Jurgen Klopp.

Foden mencetak gol pada paruh pertama di Dean Court dan City berhasil bertahan di paruh kedua yang sulit, meraih kemenangan untuk ke-13 kalinya dalam 14 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Baca juga : Klasemen Liga Inggris: Persaingan Liverpool, City, Arsenal, Makin Ketat

Dalam upaya mengejar gelar Liga Primer keempat berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya, para pemain Pep Guardiola tidak mencapai performa terbaik mereka di pantai selatan, tetapi mereka menunjukkan tekad yang diperlukan untuk meraih kemenangan yang vital.

"Phil Foden bermain sepakbola terbaik yang pernah saya lihat darinya. Setiap orang memberikan kontribusinya dan saya sangat senang," ujar Guardiola.

"Saya tidak tahu seberapa lama kita bisa bertahan di semua kompetisi ini, tetapi kita masih di sana. Mereka seperti superhero."

Baca juga : Manchester City Dekati Liverpool, Cek Klasemen Liga Inggris Terbaru

Dalam situasi persiapan yang kurang optimal akibat jadwal padat, Guardiola menambahkan: "Mereka memiliki tujuh hari untuk mempersiapkan pertandingan ini, tetapi kita hanya tiga. Ada tim yang bermain dengan waktu pemulihan yang lebih sedikit daripada tim lainnya di Premier League."

"Secara umum, pertahanan kita luar biasa karena sangat dibutuhkan. Ketika Anda tidak memiliki waktu pemulihan dan para pemain lelah, Anda tidak bisa mengharapkan kesempurnaan karena mereka manusia."

Meskipun Liverpool tetap memimpin, City berhasil mendekat setelah memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka dalam semua kompetisi menjadi 17 pertandingan sejak kalah dari Aston Villa pada Desember.

Baca juga : Hattrick Phil Foden Antar City Tekuk Brentford

Memberikan penghormatan terhadap dominasi City di Liga Primer, Guardiola mengatakan: "Setiap tiga hari selama bertahun-tahun, bukan hanya musim ini, bertahun-tahun. Sulit, tetapi mereka terus menang. Keajaiban bagi semua pemainnya sungguh luar biasa."

Selanjutnya, City akan melawan Luton dalam putaran kelima Piala FA pada Rabu sebelum menjamu Manchester United dalam pertandingan penting di liga pada akhir pekan mendatang.

Guardiola memilih untuk memasukkan Kevin De Bruyne sebagai pemain cadangan, namun City cepat mengambil inisiatif di lapangan.

Baca juga : Manchester City Bangkit dan Rebut Kemenangan dari Everton di Liga Primer

Foden memberikan umpan yang sempurna untuk Erling Haaland, yang bergerak menuju gawang hanya untuk melepaskan tembakan yang melebar.

Bournemouth hampir memanfaatkan kesalahan tersebut ketika tendangan keras Milos Kerkez membuat Ederson melakukan penyelamatan gemilang.

Namun, City kembali menyerang dengan cepat saat Foden menguji kiper Bournemouth, Neto, dengan tembakan jarak jauh.

Baca juga : Jadwal Lengkap Manchester United 2023-2024

Itu adalah peringatan yang tidak diabaikan oleh Bournemouth karena Foden membawa City unggul pada menit ke-24.

Haaland menembakkan bola ke dalam kotak penalti dan mengarahkan tembakan yang hanya bisa ditepis keluar oleh Neto, sehingga Foden dengan mudah menepis bola masuk ke gawang kosong.

Gol ke-16 Foden musim ini nyaris diikuti oleh aksi magis Bernardo Silva ketika gelandang City itu melepaskan tendangan melengkung yang sayangnya melebar.

Baca juga : Foden Dipastikan Absen Bela City Kontra Liverpool karena Operasi Usus Buntu

Bournemouth belum meraih kemenangan dalam tujuh pertandingan liga sejak Boxing Day, tetapi mereka pulih untuk memberikan ketakutan kepada City.

Ederson melakukan penyelamatan gemilang dari tembakan Ryan Christie tepat sebelum babak pertama berakhir, dan Ederson kembali disibukkan segera setelah babak kedua dimulai.

Justin Kluivert diberi terlalu banyak ruang di luar area City dan tembakannya berhasil ditahan oleh Ederson yang melakukan penyelamatan penuh rentang.

Baca juga : Ratcliffe Targetkan Manchester United Patahkan Dominasi Manchester City dan Liverpool dalam 3 Tahun

Setelah kemenangan tipis melawan Brentford pada pertengahan pekan, Guardiola kembali merasa tidak nyaman di pinggir lapangan ketika Bournemouth semakin percaya diri.

Marcus Tavernier menyia-nyiakan kesempatan untuk menyamakan kedudukan dengan tendangan buruk dari umpan silang Antoine Semenyo.

Tavernier bersalah lagi dengan tembakan yang melebar dari jarak 10 yard dengan gawang kosong.

Baca juga : Persaingan Liverpool, City, dan Arsenal dalam Berburu Gelar Liga Inggris Makin Ketat

Biasanya tenang, City sempat terkejut, tetapi Ederson berhasil menjaga keunggulan mereka dengan menyelamatkan sundulan Dominic Solanke.

Dalam aksi terakhirnya sebelum digantikan oleh Julian Alvarez, serangan kuat Haaland berakhir dengan penyelamatan bagus oleh Neto.

City gugup hingga peluit akhir, tetapi Dango Ouattara dari Bournemouth menyia-nyiakan peluang bagus sebelum sundulan Enes Unal meleset beberapa inci dari sasaran. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat