visitaaponce.com

DPR Pembahasan Pengganti Firli Dipastikan Alot

DPR: Pembahasan Pengganti Firli Dipastikan Alot
Firli Bahuri resmi diberhentikan sebagai Ketua KPK.(MI/Adam Dwi)

KOMISI III DPR belum mendapatkan nama terkait pengganti ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Anggota Komisi III DPR Fraksi PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan mengatakan hingga kini belum ada pembahasan atau perbincangan tentang sosok yang akan menggantikan Firli.

"Belum ada dibahas di grup kami sekadar ngobrol-ngobrol kira-kira siapa nama juga belum ada. Karena memang kami sedang fokus di dapil semua," ujarnya, Jumat (29/12).

Dia mengatakan biasanya memang ada anggota DPR yang bisa berkomunikasi dengan pimpinan KPK untuk menanyakan hal tersebut. Namun hingga kini belum ada.

Baca juga : Presiden Jokowi akan Ajukan 2 Nama Pengganti Firli Bahuri sebagai Ketua KPK

"Biasanya bisa ditanya ke pimpinan KPK siapa kira-kira. Tapi ini sepertinya tidak ada yang punya kedekatan"

Lebih lanjut karena waktu yang berdekatan dengan pemilu dan mayoritas anggota DPR fokus di daerah pilih maka kemungkinan pembahasan bisa dilakukan seusai pemilu 2024. Selain menjaga situasi tetap kondusif juga pembahasan di komisi dipastikan akan alot dan tarik menarik.

"Bisa saja ini dibahas setelah pemilu karena tentu untuk situasi tetap kondusif dan juga ini kan pasti akan alot pembahasannya karena di komisi terpecah karena tiga capres," ungkapnya.

Nantinya proses pemilihan pengganti Firli akan menggunakan mekanisme suara terbanyak dari kandidat yang sebelumnya dalam seleksi KPK tidak terpilih.

Dengan keluarnya Firli kini komisioner KPK tinggal empat orang, dan dipimpin oleh Ketua sementara Lembaga Antirasuah Nawawi Pomolango. Komposisi itu jelas tidak boleh dibiarkan lama. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat