visitaaponce.com

Kuasai Literasi Digital Tetap Jaga Nilai dan Etika

Kuasai Literasi Digital Tetap Jaga Nilai dan Etika
Pekan Literasi Digital bersama kelompok masyarakat dan komunitas Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5(Dok Ist)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar Pekan Literasi Digital bersama kelompok masyarakat dan komunitas Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5).

Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ende, Supriyanto mengatakan bahwa Pekan Literasi Digital ini bermanfaat untuk komunitas seperti di Ende di tengah berkembangnya informasi yang cepat lewat internet.

"Oleh karena itu, pemerintah harus berkolaborasi dengan masyarakat untuk membekali dan memberitahukan etika serta nilai-nilai kebenaran tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya. Juga diperlukannya kampanye untuk menghilangkan kebiasaan negatif dari pengaruh penyebaran informasi yang bersifat pribadi di media sosial," ujar Supriyanto, kemarin.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores, Dr. Laurentius D. Gadi Djou yang menjadi salah satu pengisi materi menyatakan pentingnya literasi digital untuk mendukung transformasi digital dari sudut pandang akademisi.

baca juga: Manfaatkan Ruang Digital untuk Sosialisasi Perda dan Perkada

Menurutnya masyarakat Indonesia telah berada pada era digital yang membuat pergeseran pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam
mengakses dan mendistribusikan informasi.

"Kita tahu sekarang itu dengan adanya digitalisasi akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari berbagai hal yang sebelumnya membutuhkan waktu atau usaha lebih untuk bisa mendapatkannya. Masyarakat Indonesia juga akan jadi lebih mudah dalam mengakses informasi melalui berbagai platform teknologi digital yang dapat menawarkan inovasi dari fitur-fitur pada medium komunikasi yang semakin interaktif," jelas Laurentius.

Acara Pekan Literasi Digital digelar di Graha Ristela dengan peserta sekitar seribu orang secara luring. (N-1)'

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat