visitaaponce.com

Garuda Wisnu Kencana Bali, Keindahan dan Atraksi Seni Budaya yang Memikat

Garuda Wisnu Kencana Bali, Keindahan dan Atraksi Seni Budaya yang Memikat
Garuda Wisnu Kencana(Google Photos)

Garuda Wisnu Kencana kini telah menjelma menjadi objek wisata yang diburu wisatawan saat bertandang ke Bali. Patung Garuda Wisnu raksasa yang disebut-sebut sebagai patung tertinggi di Indonesia merupakan menjadi daya pikat utama wisata ini.

Selain daya tarik utama tersebut, Garuda Wisnu Kencana juga merupakan taman budaya terbesar di negara Indonesia yang memiliki luas area mencapai 60 hektar. Menariknya lagi, GWK Bali ini juga sering menyuguhkan atraksi yang memukau, lewat pertunjukan, konferensi dan juga pameran. 

Ada satu atraksi di GWK yang paling menyita perhatian, yaitu atraksi dari Patung Dewa Wisnu sembari menunggangi Garuda dengan ketinggian 121 meter. Inilah patung yang menjadi ikon tempat wisata di Bali. 

Baca juga : Wisata Pantai Pandawa Bali, Intip Lokasi dan Harga Tiket Masuknya!

Sejarah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Garuda Wisnu Kencana Bali adalah taman budaya di Bali yang telah digagas sejak tahun 1998 oleh I Nyoman Nuarta. Taman ini mempunyai patung WIsnu Kencana yang ketinggiannya mencapai 120 meter dan telah berdiri dari tanggal 22 September 2018. Pada patung tersebut, tergambarkan Wisnu tengah menunggangi Garuda. 

Masyarakat di Bali sendiri percaya bahwa Dewa Wisnu merupakan pelindung bagi alam semesta menurut mitologi Hindu. Sementara itu, Garuda melambangkan pengabdian dan kesetiaan yang tanpa pamrih sampai akhirnya dijadikan sebagai pendamping untuk kepercayaan.

Bukan itu saja, Kencana juga mempunyai arti emas. Yang mana kedua tokoh dalam patung tersebut dihiasi oleh mahkota berupa mosaic emas. Ditambah lagi, Garuda juga sebagai lambang negara Indonesia yang berarti kebebasan.

Baca juga : 8 Wisata Seminyak Bali, Surganya Pantai di Indonesia

Fasilitas Wisata di Garuda Wisnu Kencana Bali

GWK Bali mempunyai berbagai macam fasilitas yang dapat memanjakan para pengunjungnya. Di bawah ini beberapa fasilitas yang bisa knikmati di GWK:

1. Plaza Garuda

Salah satu spot populer yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan foto prewedding di GWK adalah Plaza Garuda. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, garuda melambangkan pengorbanan, kesetiaan dan kepercayaan. Sehingga siapapun yang melakukan sesi foto di GWK bersama pasangan akan mendapatkan kesetiaan dan kepercayaan dalam hubungannya.

Baca juga : 12 Tempat Wisata di Bali Terbaru 2024 dan Viral

2. Lotus Pond

Fasilitas utama yang dapat kamu nikmati di GWK yaitu Lotus Pond yang juga merupakan landmark terbesar di GWK. Area ini terbentang luas diantara dinding dari batu kapur dengan patung Garuda sebagai mahkotanya. 

Kawasan ini mempunyai aksesibilitas baik serta bisa menampung sampai 7.500 orang. Karena itu, area ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk konser maupun acara-acara berkelas internasional. 

3. Indraloka Garden

Fasilitas yang ada di GWK lainnya yaitu Taman Indraloka, sebuah taman yang dianggap seperti surganya dunia. Merupakan sebuah taman tropis dengan beberapa bunga kamboja berwarna keemasan serta heliconia sebagai penghias yang tumbuh subur. 

Baca juga : Wisata Nusa Penida Bali, Destinasi Incaran Wisatawan Asing

4. Plaza Wisnu

Plaza Wisnu ini berada di puncak Bukit, menghadirkan pemandangan pulau eksotis, sekaligus sebagai tempat ideal untuk melihat fenomena matahari terbenam. Kamu juga akan menjumpai sumur suci di dekat area Plaza Wisnu.

Menurut sejarahnya, sumur suci ini diyakini telah diberkati kekuatan dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, masyarakat lokal yang ada di Bali juga kerap berkunjung dengan tujuan memberikan persembahan sekaligus mencari obat untuk menyembuhkan penyakit mereka. 

5. Street Theater

Fasilitas Garuda Wisnu Kencana lainnya yaitu Street Theater, sebagai tempat untuk para pengunjung agar dapat menikmati aneka minuman dan makanan lezat, dari mulai sajian kuliner khas tradisional Indonesia sampai kedai kopi populer.

Baca juga : 7 Wisata Pulau Komodo, Fasilitas dan Daya Tarik yang Eksotis

6. Tirtha Agung

Tepat di sisi pintu masuk utama Lotus Pond, kamu akan menjumpai Tirtha Agung. Di sini ada sebuah dinding batu yang berukir dan menceritakan tentang kisah dari Garuda Wisnu Kencana. Dari mulai kisah kelahiran sampai menjadi kepercayaan dari  Dewa Wisnu. 

7. Plaza Kura-kura

Ini adalah fasilitas yang berada di antara Plaza Wisnu dengan Street Theater. Di bagian ini, kamu bakal menjumpai kolam dengan pohon kamboja yang kuno, serta ada pula pohon palem di sekitarnya. 

Adapun nama dari Plaza Kura-Kura ini dari filosofi yang menggambarkan sebuah perlindungan alam terhadap bencana alam supaya tetap nyaman, tenang dan aman. Menghadirkan suasana yang harmonis dan asri, sehingga kerap dipakai sebagai lokasi berbagai macam acara, baik pertunjukkan musik maupun sendra seni. 

Baca juga : 8 Wisata Farm House Lembang Bandung Beserta Biayanya

8. Amphitheatre Pentas Seni

Selain bisa menyaksikan patung GWK yang megah, Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukkan seni yang dipentaskan di Amphitheatre. Ada berbagai macam tarian yang ditampilkan di sini, antara lain Tari Barong, Ballet Garuda Wisnu dan Tari kecak.

Biasanya pertunjukkan seni ini diselenggarakan dari mulai jam 10.00 WITA sampai jam 21.00 WITA dan setiap harinya jadwalnya tidak sama. 

Lokasi GWK Bali dan Rutenya

Garuda Wisnu kencana Bali terletak di Jl. Raya Uluwatu, tepatnya di Ungasan, Kuta Selatan, di Kabupaten Badung, Bali. Jarak tempuh dari bandara internasional Ngurah Rai Bali sendiri sekitar 30 menit, dengan jarak tempuh 12 km. 

Baca juga : Senjata Tradisional Bali, Tersimpan Filosofi Menarik di Dalamnya

Kamu yang dari arah Bandara Ngurah Rai dapat melanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalur By Pass Ngurah Rai. Lalu, masuk menuju Jl. Raya Uluwatu dan memasuki Kw. Garuda Wisnu Kencana yang ada di Ungasan. 

Sementara itu, dari arah terminal Bus Mengwi, Kamu harus menempuh jarak sekitar 34 km dan perkiraan waktu 1 jam sampai tiba ke tempat tujuan. Akan tetapi, rute perjalanannya bisa dikatakan mudah untuk diikuti.

Kamu bisa mengikuti alur Jl. Raya Denpasar-Gilimanuk, kemudian memasuki area Jl. Raya Sempidi, lalu masuk ke Imam Bonjol sampai ketemu Jl. Raya Uluwatu. Setelah itu, ambil kiri kemudian ikuti jalan sampai tiba di lokasi GWK.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Semarang Terbaru 2024, Anti-Mainstream

Harga Tiket Masuk Menuju GWK Bali

Saat kamu menyambangi taman budaya di Bali ini, ada biaya tiket masuk yang dibebankan pada pengunjung. Biasanya tiket masuk yang dipatok sudah termasuk menonton berbagai macam pertunjukkan budaya yang telah dijadwalkan di waktu berbeda. 

Simak harga tiket masuk ke wisata GWK Bali berikut ini:

1.    Untuk tiket masuk anak dengan tinggi 101-130 Rp 100.000
2.    Tiket masuk usia dewasa Rp 125.000
3.    Tiket masuk dengan memakai KTP Bali Rp 60.000

Baca juga : 13 Tempat Wisata di Surabaya yang Populer di Musim Liburan

Jam Operasional GWK Bali

Kamu bisa mengunjungi objek wisata taman budaya ini pada tiap hari, sebab GWK Bali dibuka setiap hari mulai dari pagi hari sampai malam hari. yaitu dari jam 09.00 sampai jam 20.00 WITA. 

Taman GWK yang ada di Bali ini juga kerap dikenal sebagai GWK Cultural Park yang kerap menjadi destinasi wisata populer sebab merupakan rumahnya patung GWK yang ada di Bali. Dari patung yang belum selesai dibangun, hingga kini menjadi wisata hits, banyak wisatawan tertarik mengunjungi kawasan ini demi menyaksikan fasilitas-fasilitas yang ada. 

Sebelum menjadi sebuah taman budaya, dulunya kawasan ini sebagai lokasi untuk menambang batu kapur. Wisatawan saat ini bisa menikmati berbagai macam tempat menarik serta berbagai atraksi seni yang lainnya di samping menyaksikan Patung Garuda Wisnu Kencana.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat