visitaaponce.com

10 Tempat Wisata di Semarang Terbaru 2024, Anti-Mainstream

10 Tempat Wisata di Semarang Terbaru 2024, Anti-Mainstream
Lawang Sewu(Wikipedia)

Tempat wisata di Semarang selalu menjadi perbincangan ketika kamu mencari destinasi liburan di sekitaran Jawa Tengah

Dari bangunan kuno, desa wisata, taman sampai tempat wisata alam yang menakjubkan semuanya ada di Semarang. Tertarik untuk berlibur ke Semarang? Jangan lewatkan untuk berkunjung ke 10 tempat wisata di Semarang ini, ya! 

Tempat Wisata di Semarang Paling Ramai

Dari begitu banyaknya destinasi wisata yang ada di Kota Lumpia ini, rekomendasi berikut merupakan yang teramai.

Baca juga : Candi Prambanan: Keseruan, Info Penting dan Tips Wisata

1. Lawang Sewu

Ada beberapa tempat wisata di Semarang yang sangat populer, salah satu diantaranya adalah Lawang Sewu. Bahkan Lawang Sewu bisa disebut wisata ikoniknya Semarang. 

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan kuno bekas perusahaan kereta masa Hindia Belanda yang sampai sekarang masih dijaga keaslian konstruksinya. 

Hanya saja, sekarang Lawang Sewu sudah berubah fungsi dan direvitalisasi menjadi museum sekaligus sebagai tempat wisata. Lawang Sewu ini terkenal memiliki jumlah pintu yang banyak, bahkan orang-orang menyebutnya wisata seribu pintu. Namun, mitosnya jumlah pintunya tidak sampai seribu. 

Baca juga : Bus Semeru Putra Trasindo Terjun ke Jurang di Magetan, 7 Orang Tewas

Menjadi salah satu wisata populer, Lawang Sewu memiliki daya tarik tersendiri terutama pada bangunannya. 

2. Umbul Sidomukti

Kalau kamu bosan dengan wisata yang ada di kota, umbul Sidomukti bisa jadi destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Udara yang masih sejuk dan suasana tenang bisa kamu rasakan begitu menyambangi wisata di kaki gunung Ungaran ini.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, wisata Umbul Sidomukti juga sudah dilengkapi fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Adapun fasilitas yang tersedia yaitu cafe, kolam, hingga aktivitas outbound juga tersedia di sini. 

Baca juga : Peduli Sampah Plastik, Resta Pendopo KM 456 Hadirkan Inovasi

Nah, bagi kamu yang mau menginap di sini juga bisa. Pengelola umbul Sidomukti sudah menyediakan villa atau penginapan dengan tarif yang cukup terjangkau. 
Lokasi umbul Sidomukti ini berada di Manggung, Jimbaran, Bandungan Kabupaten Semarang. 

3. Desa Semilir 

Tempat wisata di Semarang berikutnya adalah Dusun Semilir. Sejak dibuka tahun 2019, wisata ini tak pernah sepi pengunjung pada hari biasa ataupun di hari libur.

Menyuguhkan keunikan dari bangunan dengan desain interior dan eksterior yang unik, Dusun Semilir menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib kamu kunjungi. 

Baca juga : 13 Tempat Wisata di Surabaya yang Populer di Musim Liburan

Bangunan yang ada di Dusun Semilir ini hampir mirip dengan stupa di candi Borobudur, namun stupa yang ada disini berbahan kayu. 

Sejumlah wahana seru pun sudah menyambut kamu begitu memasuki area ini. Seperti perosotan pelangi yang merupakan wahana terbaru sekaligus tervial. Juga ada perahu ala-ala Eropa.

Destinasi viral ini bisa kamu sambangi ketika sedang berada di kawasan Ngemplak, Semarang. Lokasinya tepat di Jalan Soekarno Hatta Nomor 49, Bawen.

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Jogja Terbaru 2024, Yuk Buruan Ke Sini!

4. Brown Canyon

Tempat wisata ini cocok buat kamu yang suka berswafoto di tempat yang estetik. Brown Canyon memiliki pemandangan alam yang estetik dan instagramable. Sebenarnya wisata brown Canyon ini dulunya bekas pertambahangan pasir yang tandus. 

Menariknya, tempat ini justru meninggalkan pemandangan yang menakjubkan dan menawan seperti latar film Hollywood. Karena keindahannya tersebut banyak fotografer yang memanfaatkan tempat ini sebagai spot foto untuk menghasilkan foto terbaik mereka. Lokasinya ada di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang Jawa Tengah. 

5. Ayana Gedong Songo

Tak hanya menawarkan wisata alam yang mempesona, Semarang juga memiliki destinasi wisata yang indah penuh warna warni.

Baca juga : 12 Tempat Wisata di Bali Terbaru 2024 dan Viral

Ya, namanya Ayana Gedong Songo. Untuk menyambangi indahnya Ayana Gedong Songo, kamu bisa menuju arah Bandungan, tepatnya di Desa Krajan, Banyukuning.

Kamu bisa foto di spot foto yang ada di sini, seperti balon udara, bubble tent, hammock hingga tempat duduk di tengah kolam. 

Karena tempat wisata di Semarang ini jauh dari padatnya lalu lintas, udara dan suasana di Ayana Gedong Songo masih segar dan asri.

Baca juga : Wisata Pantai Pandawa Bali, Intip Lokasi dan Harga Tiket Masuknya!

6. Saloka Theme Park

Setelah berkunjung ke wisata alam, wisata sejarah dan wisata instagramable, kamu juga bisa berkunjung ke Saloka Theme Park. 

Hanya berjarak 1 jam dari kota Semarang dengan mengendarai mobil, taman rekreasi raksasa ini menawarkan berbagai macam wahana dengan pemandangan alam yang menawan.

Letaknya tidak jauh dari wisata Danau Rawa Pening, taman Saloka ini bisa dengan mudah dicapai dari daerah Salatiga atau Ungaran.
Ini bisa jadi tujuan wisata keluargamu selanjutnya!

Baca juga : Wisata Nusa Penida Bali, Destinasi Incaran Wisatawan Asing

7. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Po Kong adalah Klenteng tertua yang ada di kota Semarang. Klenteng ini dikenal sebagai klenteng bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Cheng Ho yang berasal dari Tiongkok beragama Islam.

Latar belakang pembangunan klenteng yaitu sebagai penghormatan atas datangnya Laksamana Zheng He. Pembangunan pun terus berlanjut hingga klenteng Sam Poo Kong menjadi bangunan megah sekaligus salah satu klenteng terbesar di Semarang.

Pada hari-hari tertentu, di klenteng biasanya juga diadakan festival atau acara keagamaan yang digelar secara umum dan bisa dinikmati setiap pengunjung. Tiket masuk ke area ini sekitar 17 ribu sampai 50 ribu per orang. 

Baca juga : 14 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

8. Pagoda Avalokitesvara

Dengan tinggi hingga 45 meter, pagoda Avalokitesvara menjadi pagoda tertinggi di Tanah Air.,  Di sini juga ada vihara buddhagaya watugong yang tak kalah populer. 

Vihara ini lebih populer diantara dua pagoda yaitu Pagoda Dhammasala dan Pagoda Avalokitesvara. Ya, Pagoda Avalokitesvara jauh lebih konik, pasalnya selain menjadi pagoda tertinggi, Avalokitesvara juga memiliki desain bangunan yang unik. 

Keindahannya akan semakin menawan di malam hari. Tak heran jika Vihara ini jadi objek wisata yang selalu ramai pengunjung. 

Baca juga : Antisipasi Kenaikan Harga Beras, Pemkot Semarang Gagas Program Pak Rahman

9. Kampung Pelangi

Tidak hanya kota Malang yang memiliki Kampung Pelangi, Semarang juga memiliki tempat wisata Kampung Pelangi yang ikonik seperti di Malang. Ya, sesuai tebakanmu, ciri khas dari Kampung Pelangi adalah warna-warni cerah dari bangunan di pemukiman tersebut.

Tempat wisata ini sudah bertransformasi total karena dulunya dianggap sebagai Kampung kumuh. Warna-warni cerah yang diberikan pada bagian tembok atau bahkan jalanan yang ada di kampung Pelangi telah berhasil menyulapnya menjadi sebuah tempat rekreasi yang instagramable.

Selain itu juga memberikan pengalaman yang baru dan menyenangkan bagi siapa saja yang berkunjung ke Kampung Pelangi ini. Wah cocok sekali nih buat kamu yang suka berfoto untuk dipamerkan di media sosial!

Baca juga : Cuaca Ekstrem, Bencana Hidrometeorologi Ancam Jawa Tengah

10. Taman Wilis

Terakhir ada Taman Wilis. Sebuah destinasi malam yang menyuguhkan panorama cantik dengan suasana syahdu. Taman ini kerap kali dikunjungi wisatawan untuk sekedar bersantai atau berolahraga. 

Terletak agak jauh dari pusat kota, tempat ini cocok untuk kamu yang ingin menyendiri dari hiruk pikuk kota Semarang. Menariknya, di sini kamu juga bisa melihat matahari terbit jika berkunjung di pagi hari.

Itulah 10 daftar wisata di Semarang yang anti-mainstream, mulai dari wisata alam wisata sejarah, taman hingga wisata yang instagramable. Buat daftar tempat wisata kamu sekarang yuk, dan ciptakan pengalaman liburan yang berkesan di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat