visitaaponce.com

13 Tempat Wisata di Surabaya yang Populer di Musim Liburan

13 Tempat Wisata di Surabaya yang Populer di Musim Liburan
tempat wisata di Surabaya(ikbis)

Tempat wisata di Surabaya selalu ramai saat musim liburan. Pasalnya, beberapa objek wisata ini bisa dikatakan tidak kalah menarik dibandingkan kota-kota lainnya di Jawa Timur. Apalagi kalau kamu penyuka sejarah, pasti tak akan kecewa mengunjungi sejumlah spot wisata sejarah yang ada di Kota Pahlawan ini.

Objek wisata edukasi dan hiburan di Surabaya pun sangat melimpah dengan fasilitas yang memadai. Jadi maklum jika kota ini menjadi pilihan destinasi liburan favorit bagi banyak masyarakat Indonesia.

Lantas, apa saja destinasi wisata yang populer di Kota Pahlawan ini? Cek di sini ya!

Baca juga : 10 Tempat Wisata di Jogja Terbaru 2024, Yuk Buruan Ke Sini!

Deretan 13 Tempat Wisata di Surabaya yang Populer di Musim Liburan

Buat liburan kamu jadi lebih menyenangkan dan seru dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata di Surabaya yang populer berikut ini:

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan yang menjadi ikon Surabaya merupakan destinasi wisata sejarah yang ikonik. Objek wisata ini dikelilingi oleh tanaman hijau yang rindang sehingga cocok untuk bersantai. Tugu bersejarah ini sudah berdiri sejak masa penjajahan dan bisa dikunjungi secara gratis. 

●    Lokasi: Alun-alun Contong yang berada di Bubutan Surabaya
●    Harga tiket: -

Baca juga : 12 Tempat Wisata di Bali Terbaru 2024 dan Viral

2. Museum 10 November

Tak jauh dari Tugu Pahlawan, terdapat objek wisata sejarah lainnya yakni Museum 10 November. Museum ini menjadi saksi sejarah perjuangan para pahlawan melawan penjajahan menurut peristiwa 10 November 1945. 

Di museum ini kamu dapat menyaksikan sejumlah foto dan lukisan dari zaman perang. Bukti perjuangan Termasuk Bung Tomo pun terpajang di sini, berupa benda koleksi dan peralatan perang arek-arek Suroboyo. 

●    Lokasi: Alun-alun Contong yang berada di Bubutan, Surabaya
●    Harga tiket: Rp. 5.000

Baca juga : Wisata Pantai Pandawa Bali, Intip Lokasi dan Harga Tiket Masuknya!

3. Museum House of Sampoerna

Sejarah rokok kretek Sampoerna juga dapat disaksikan dengan mengunjungi Museum House of Sampoerna. Museum yang berlokasi di Taman Sampoerna 6 ini menjadi cikal bakal rokok Sampoerna pertama kali diproduksi. 

Kamu juga dapat menyaksikan sejarah kretek di Indonesia mulai dari pengenalan berbagai jenis cengkeh hingga menyaksikan proses pembuatan rokok.

Bila kamu ingin bersantai, naiklah ke lantai dua di mana terdapat kafe dan tempat penjualan souvenir. Mengambil foto di museum ini juga tak akan mengecewakan karena banyak spot foto yang Instagramable di dalamnya. Menariknya, Museum House of Sampoerna juga menyediakan bus kepada pengunjung yang ingin keliling Surabaya secara gratis.

Baca juga : Wisata Nusa Penida Bali, Destinasi Incaran Wisatawan Asing

●    Lokasi: Taman Sampoerna Nomor 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya
●    Harga tiket: -

4. Hutan Bambu Keputih

Selain House of Sampoerna, Hutan Bambu Keputih juga bisa menjadi destinasi hunting foto yang Instagramable. Konsep hutan bambu ala Jepang diusung untuk menampilkan keindahan tempat wisata ini.

Awalnya tempat ini adalah tempat pembuangan sampah, namun berhasil diubah sedemikian rupa menjadi tempat yang indah. Ditambah lagi pohon-pohon sakura juga tumbuh di sekitar hutan bambu sehingga menambah daya tarik tersendiri bagi tempat ini.

Baca juga : Candi Prambanan: Keseruan, Info Penting dan Tips Wisata

●    Lokasi: Jl. Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya
●    Harga tiket: Gratis

5. Atlantis Land

Cuaca di Kota Surabaya bisa cukup panas di siang hari terutama di musim liburan. Untuk mendinginkan badan, tak ada salahnya mengunjungi destinasi wisata wahana air Atlantis Land.

Objek wisata ini menyediakan kolam renang lengkap dengan perosotan panjang yang menghibur sekaligus menyegarkan. Setiap wahana permainannya dijamin bikin kamu terpesona.

Baca juga : 14 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

●    Lokasi: Jl. Sukolilo Nomor 100, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya
●    Harga tiket: Rp. 100.000 – Rp. 125.000

6. Kelenteng Sanggar Agung

Masih di Sukolilo, tepatnya di kawasan Pantai Ria Kenjeran, kamu dapat mengunjungi objek wisata religi Kelenteng Sanggar Agung. 

Di kelenteng ini terdapat banyak patung-patung seperti Sha Nan, Tong Nu, naga yang meliuk serta Dewi Kwan Im yang ikonik. Tempat wisata di Surabaya ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing pada saat perayaan Imlek.

Baca juga : Rayakan Cap Gomeh, Kebun Raya Bogor Hadirkan Atraksi Barongsai dan Naga

●    Lokasi: Jl. Sukolilo, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya
●    Harga tiket: Rp. 5.000 – Rp. 10.000

7.  Patung Buddha 4 Rupa

Untuk menyaksikan keindahan patung Buddha sekarang tak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand. Kamu dapat mengunjungi Patung Buddha 4 Rupa yang terdapat di kawasan Pantai Ria Kenjeran. 

Patung bukan hanya indah, tapi juga unik karena memiliki empat rupa dan delapan tangan. Tentu wisatawan bisa bebas berfoto di tempat beribadahnya umat Buddha ini.

Baca juga : Pemilu 2024, Objek Wisata di Lembang Gratiskan Tiket Masuk Usai Mencoblos

●    Lokasi: Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya
●    Harga tiket: -

8. Kampung Arab

Kampung Arab di Surabaya menjadi cerminan keberagaman yang ada di Indonesia. Seperti namanya, warga kampung ini mayoritas berasal dari Arab sehingga wajar jika budaya Arab sangat kental di sini. 

Sebagian besar penduduknya juga berjualan berbagai souvenir khas Arab seperti makanan, pakaian, minyak wangi hingga peralatan ibadah.

Baca juga : Tempat Nongkrong Tahun Baru 2024 di Surabaya Seru, Rame, dan Ada Kembang Apinya

●    Lokasi: Jl. Ampel Kejeron, Ampel, Semampir, Surabaya
●    Harga tiket: Gratis

9. Kebun Binatang Surabaya

Tak pernah sepi pengunjung, Kebun Binatang Surabaya masih menjadi wisata favorit keluarga di Surabaya. Perlu diketahui, kebun binatang ini termasuk kebun binatang tertua di Indonesia sehingga cukup populer di masyarakat lokal maupun luar kota. 

Kamu dapat mengunjungi Kebun Binatang Surabaya setiap hari, tapi pada tanggal merah tempat ini tutup. 

Baca juga : TMII Siap Manjakan Wisatawan dengan Wahana dan Atraksi Baru

●    Lokasi: Jalan Setail Nomor 1, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya
●    Harga tiket: Rp. 15.000

10. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Monkasel atau Monumen Kapal Selam bisa menjadi pilihan liburan kamu dan keluarga yang mencari wisata edukatif. Objek wisata ini memamerkan kapal selam asli yakni KRO Pasopati 410 buatan Uni Soviet tahun 1952. Monkasel dapat kamu kunjungi setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Pada akhir pekan jam bukanya lebih lama hingga pukul 19.00 WIB.
●    Lokasi: Jl. Pemuda, Embong Kaliasih, Genteng, Surabaya
●    Harga tiket: Rp. 15.000

11. Surabaya North Quay (SNQ)

Destinasi ini masuk di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, tepatnya Surabaya North Quay (SNQ) berada di kawasan Gapura Surya Nusantara. Awalnya, terminal Gapura Surya Nusantara berperan sebagai tempat bersandarnya berbagai kapal pesiar internasional. 

Baca juga : Indonesia Theme Park Bisa Jadi Pilihan Isi Liburan Sekolah

Namun kini SNQ menjadi destinasi wisata bahari bernuansa modern bagi warga Surabaya dan sekitarnya. 

●    Lokasi: Perak Utara, Pabean Cantikan, Surabaya
●    Harga tiket: Rp. 10.000

12. Food Junction Grand Pakuwon

Bagi kamu pecinta kuliner, jangan lewatkan kesempatan menikmati berbagai hidangan kuliner lezat di Food Junction Grand Pakuwon. 

Baca juga : Oleh-oleh Khas Surabaya, Jangan sampai Dilewatkan Wajib Bawa Pulang

Tempat wisata di Surabaya ini terbilang unik karena menyajikan berbagai kuliner lokal maupun mancanegara. Danau buatan dengan view menawan menjadi daya pikat tersendiri yang membuat pusat kuliner ini terasa syahdu.

●    Lokasi: Jalan Grand Pakuwon, Banjar Sugihan, Tandes, Surabaya
●    Harga tiket: Rp. 5.000 – Rp. 30.000

13. Patung Suro dan Boyo

Liburan ke Surabaya jangan lupa mengunjungi patung Suro dan Boyo yang menjadi simbol ikonik dari kota ini. Di tempat ini kamu dapat mengabadikan foto berlatar patung Suro dan Boyo sambil menikmati keindahan taman di sekitarnya. Nikmati pula serunya orang-orang bermain skateboard di spot terbaik Taman Skateboard yang tak jauh dari patung Suro dan Boyo.

●    Lokasi: Jl. Diponegoro, Darmo, Wonokromo, Surabaya
●    Harga tiket: Gratis

Tunggu apalagi, segera liburan ke Surabaya dan tempat wisata di Surabaya yang terbaik akan menyambut kamu.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat