visitaaponce.com

OpenAI Rilis GPT-4, Chat GPT jadi Makin Cerdas

OpenAI telah merilis GPT-4 yang merupakan versi terbaru dari ChatGPT, chatbot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang belakangan ini populer karena membantu pekerjaan manusia dan kecakapannya menjawab pertanyaan pengguna dalam bahasa natural.

Dilansir dari situs resmi OpenAI, GPT-4 dapat menerima input gambar dan memproses teks.

"Kami telah membuat GPT-4, pencapaian terbaru dalam upaya OpenAI dalam meningkatkan pembelajaran mendalam. GPT-4 adalah model multimodal besar menerima input gambar dan teks, mengeluarkan output teks," tulis OpenAI di laman resmi, dikutip Rabu (15/3).

GPT-4 akan merespons gambar yang ditanyakan oleh pengguna. Contohnya, ketika mengunggah foto bahan makanan dan menanyakan apa yang bisa dimasak dari bahan tersebut, GPT-4 akan memberikan sejumlah opsi makanan yang dimasak.

Selain itu, GPT-4 disebut dapat memproses pertanyaan dan permintaan dari pengguna dengan jawaban hingga 25.000 kata, sekitar delapan kali lebih banyak dari ChatGPT versi sebelumnya.

OpenAI menghabiskan waktu enam bulan untuk fitur keselamatan GPT-4, dan telah melatihnya dalam merespons jawaban manusia. GPT-4 sejauh ini akan tersedia untuk pelanggan ChatGPT Plus, yang membayar US$20 per bulan untuk akses premium ke layanan tersebut.

Namun demikian, OpenAI telah mewanti-wanti bahwa GPT-4 masih belum sepenuhnya dapat diandalkan dan mungkin saja 'berhalusinasi', dalam arti AI mengarang fakta atau membuat kesalahan penalaran.

Sebelumnya, ChatGPT membuat heboh di media sosial berkat kemampuannya membantu pekerjaan manusia. Jutaan orang telah menggunakan ChatGPT sejak diluncurkan pada November 2022.

Permintaan populer dari pengguna kepada chatbot tersebut ialah menulis lagu, puisi, tulisan, salinan pemasaran, kode komputer, dan membantu pekerjaan rumah, meskipun guru mengatakan siswa tidak boleh menggunakannya.

ChatGPT menjawab pertanyaan menggunakan bahasa alami seperti manusia, dan juga dapat meniru gaya penulisan lain seperti penulis lagu dan pengarang, menggunakan informasi yang tersebar di internet sebagai basis data pengetahuannya. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat