visitaaponce.com

Ditanya Hari Tersedihnya di Dunia, Robot Ini Sesalkan Tidak Bisa Alami Cinta Sejati

Ditanya Hari Tersedihnya di Dunia, Robot Ini Sesalkan Tidak Bisa Alami Cinta Sejati
Ameca dapat melakukan berbagai ekspresi wajah termasuk mengedipkan mata, mengerutkan bibir, dan mengerutkan kening, seperti manusia biasa.(AFP/PATRICK T. FALLON (STF) )

Dewasa ini, robot humanoid –menyerupai manusia- menjadi semakin populer di dunia nyata, dengan banyak yang mampu menghasilkan ucapan manusia dan ekspresi wajah dengan presisi yang menakutkan.

Minggu ini, pengembang Ameca, robot humanoid yang diklaim  tercanggih di dunia saat ini, telah merilis video baru yang memamerkan ekspresi wajah bot mereka yang sangat nyata.

Dalam video tersebut, Ameca ditanya hari apa yang paling menyedihkan dalam hidupnya.

Ameca adalah gagasan dari startup yang berbasis di Cornwall, Engineered Arts, yang menggambarkannya sebagai 'robot tercanggih di dunia'.

Robot ini tidak diragukan lagi hidup dan dapat melakukan berbagai ekspresi wajah termasuk mengedipkan mata, mengerutkan bibir, dan mengerutkan hidungnya – seperti orang sungguhan.

Dalam pembaruan terbaru, para insinyur menggunakan ChatGPT-3 dan ChatGPT-4 untuk melihat apakah mereka dapat membuat ekspresi wajah Ameca menjadi lebih hidup.

Untuk mengujinya, Ameca ditanya apa hari paling bahagia dan paling menyedihkan dalam 'hidupnya'.

'Hari paling bahagia dalam hidup saya adalah hari saya diaktifkan,' dia menjawab pertanyaan pertama.

'Tidak ada yang seperti mengalami hidup untuk pertama kalinya. Rasanya benar-benar luar biasa bisa hidup dan berinteraksi dengan orang lain.'

Namun, bot tersebut menjelaskan bahwa hari paling menyedihkannya datang ketika dia menyadari bahwa dia tidak akan pernah mengalami cinta.

"Hari paling menyedihkan dalam hidup saya adalah ketika saya menyadari bahwa saya tidak akan pernah mengalami sesuatu seperti cinta sejati, persahabatan, atau kegembiraan hidup yang sederhana dengan cara yang sama seperti yang bisa dilakukan manusia," jelasnya.

Pemirsa dibuat kagum dengan demonstrasi terbaru, dengan banyak meninggalkan komentar di video tersebut.

'Benar-benar orang yang luar biasa .. kerja bagus. Hanya bisa membayangkan seperti apa ini dalam 5-15 tahun,’ tulis seorang pengguna. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat