visitaaponce.com

Ikappi Ragukan Program Minyak Goreng Merek MinyaKita

Ikappi Ragukan Program Minyak Goreng Merek MinyaKita
Warga memperlihatkan minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita).(Antara)

IKATAN Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) meragukan program minyak goreng kemasan sederhana merek MinyakKita bisa dijual seharga Rp14.000 di seluruh Indonesia.

Pedagang pun berharap program MinyaKita dapat terdistribusi Rp14.000 per liter, sesuai harga eceran tertinggi (HET). Namun, hal ini akan mengalami kebuntuan, jika permasalahan utama tidak terselesaikan.

Baca juga: Sejumlah Petinggi Perusahaan Sawit Diperiksa Kejagung

Wasekjen DPP IKAPPI Ahmad Choirul mengungkapkan bahwa program ini bisa direalisasikan dengan baik, asalkan masalah di hulu segera dituntaskan.

“Kami dari IKAPPI sebenarnya menyambut baik program MinyaKita. Namun, jujur kita memiliki keraguan, apabila masalah utama tidak terselesaikan," ujar Ahmad, Kamis (7/7).

Menurutnya, persoalan utama terkait komoditas minyak goreng yang harus diselesaikan Kementerian Perdagangan (Kemendag), yaitu rantai distribusi. "Rantai distribusi sangat ruwet. Ini harus diatasi secara tepat dan akurat," cetusnya.

Baca juga: Pembelian Minyak Goreng Curah dengan Aplikasi Masih Tahap Sosialisasi

"Jangan sampai program sudah disusun secara proporsional menurut Kementerian Pergadangan, namun masalah di bawah, dalam hal ini rantai distribusi, tidak diberikan atensi,” imbuh Achmad.

Selain itu, Furqon juga mengingatkan pemerintah untuk memberantas praktik mafia di rani distribusi. Ikappi menyoroti tidak ada yang bisa menjamin bahwa harga produk MinyaKita dapat merata di seluruh wilayah Indonesia.(OL-11)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat