visitaaponce.com

Startup E-Commerce Aruna Hubungkan Nelayan Kecil ke Pasar Global

Startup E-Commerce Aruna Hubungkan Nelayan Kecil ke Pasar Global  
Aruna Indonesia memiliki peran strategis salah satunya sebagai supply chain aggregator perikanan.(Ist)

Startup E-Commerce Aruna Hubungkan Nelayan Kecil ke Pasar Global  

Sebagai sebuah perusahaan e-commerce asal Indonesia, Aruna Indonesia memiliki peran strategis salah satunya sebagai supply chain aggregator perikanan.

Aruna juga menghubungkan langsung nelayan skala kecil ke pasar global tentunya dengan bantuan teknologi yang dikembangkan.

Baca juga : Kemenkominfo Gandeng Aruna Sosialisasi Adopsi Teknologi Digital Bersama Nelayan

Bermodalkan visi-misi yang sama dan sejalan, menjadikan 3 alumni universitas Telkom Bandung membangun Aruna sejak 6 tahun yang lalu.

Dengan semangat menjadikan laut sebagai sumber mata pencaharian yang lebih baik bagi banyak orang membuat Aruna semakin dikenal dunia.

Aruna menilai rantai pasok perikanan di Indonesia terlalu panjang dan tidak efisien.

Baca juga : Aruna Indonesia dan KKP Bahas Blue Economy Demi Ekosistem Kelautan

Kondisi ini yang membuat Aruna hadir di tengah industri perikanan guna meringkas seluruh rantai pasok perikanan Indonesia agar lebih efektif dan efisien.

Aruna menganalisa dan merapikan ekosistem kelautan dan perikanan Indonesia mulai dari hulu hingga hilir.

Aruna berkomitmen untuk menyajikan produk tangkapan laut Indonesia yang berkualitas, berdaya saing global dan berkelanjutan.

Baca juga : Ekspor Venezuela ke AS Naik 770% pada 2023

Proses demi proses dan strategi demi strategi terus disiapkan Aruna untuk dapat terus melakukan inovasi di setiap lini bisnisnya.

Tantangan di setiap prosesnya berbeda-beda terlebih tantangan di hulu proses yakni menghadapi nelayan di lapangan.

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar nelayan Indonesia berasal dari kelompok yang tidak mendapatkan pendidikan layak dan mereka juga termasuk dalam kelompok yang menyumbang angka kemiskinan di Indonesia.

Baca juga : Perlu Regulasi E-Commerce Komprehensif Dorong Pelaku UMKM di Tanah Air

Berinteraksi dan berkomunikasi dengan mereka bukanlah hal yang mudah dan perlu merancang sebuah pendekatan khusus untuk dapat berinteraksi dan membuat kelompok nelayan percaya dengan Aruna.

"Apa yang kami lakukan? Di Aruna, untuk membangun trust dan hubungan yang baik dengan nelayan Aruna di lapangan, kami menempatkan local heroes Aruna," ujar Utari Octavianty, Co-Founder & Chief Sustainability Officer (CSO) Aruna dalam keterangan pers, Kamis (18/8).

Local Heroes adalah nakama Aruna (karyawan Aruna) yang menjadi representatif Aruna di lapangan yang berhubungan langsung dengan nelayan Aruna.

Baca juga : Dukung Live Streaming, TNT Media Bangun Agensi Bagi Para Talenta

Mereka adalah putra daerah, generasi muda daerah setempat yang bekerja dengan Aruna menjadi perwakilan Aruna untuk berinteraksi langsung dengan nelayan.

“Kami memang sengaja menempatkan para local heroes ini di lapangan untuk langsung terjun dan berinteraksi dengan nelayan lokal. Mereka adalah nakama / karyawan kami yang kami rekrut dan kami tugaskan untuk mendampingi dan membina nelayan binaan Aruna," jelasnya.

"Local heroes ini menjadi ujung tombak kami ke nelayan, salah satu tugas mereka yaitu mengajari nelayan bagaimana cara menggunakan aplikasi yang kami kembangkan,” tutur Utari.

Baca juga : Aruna Terpilih Ramaikan ASEAN Online Sale Day

Maka, Local Heroes merupakan salah satu pahlawan Aruna di lapangan yang menjadi perpanjangan tangan perusahaan dengan nelayan.

Dengan sabar dan penuh semangat mereka membina, bercengkrama dan membangun relasi yang baik antara Aruna dengan nelayan binaan Aruna di seluruh Indonesia.

"Mereka juga menjadi salah satu contoh generasi muda daerah yang memiliki semangat untuk memajukan daerah mereka sendiri," terang Utari. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat