visitaaponce.com

Dorong UMKM Gunakan Kendaraan Listrik, PLN Lebih Ekonomis

Dorong UMKM Gunakan Kendaraan Listrik, PLN: Lebih Ekonomis
Pengguna motor listrik(Antara/Hafidz Mubarak A)

DIREKTUR Utama PLN Darmawan Prasodjo mendukung langkah pemerintah memberikan bantuan insentif pembelian kendaraan listrik, khususnya ke pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Menurutnya, dengan beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) ke listrik dapat menghemat dari pembelian BBM.

"Kendaraan listrik sangat ekonomis. Dibandingkan dengan yang berbahan bakar BBM, hematnya bisa mencapai 75%," kata Darmawan dalam keterangan resmi, Kamis (23/3).

Baca juga : Gesits Tunggu Pasar untuk Tingkatkan Kapasitas Produksi Motor Listrik

PLN, ungkapnya, juga telah memberikan bantuan hingga 134 unit kendaraan listrik untuk UMKM di berbagai daerah dari 2021-2022 guna mendongkrak usaha UMKM.

Adapun bantuan insentif diberikan untuk pembelian motor listrik baru dan konversi kendaraan BBM ke listrik dengan nominal Rp7 juta per unit. Dengan total target 250 ribu unit di tahun 2023, para pengusaha kecil dan menengah akan menjadi prioritas penerima bantuan.

Baca juga : Himbara Beri Kemudahan Pembelian Sepeda Motor Listrik

Masyarakat bisa membeli motor listrik lewat PLN Mobile melalui menu electric vehicle (EV). PLN telah bekerja sama dengan pabrikan motor Volta, Gesits, dan Selis untuk memudahkan masyarakat memilih motor listrik favorit.

Pengusaha olahan lemon di Bandung, Astrid mengaku mendapat keuntungan dari pemakaian kendaraan listrik yakni dari pengisian (charging) daya motor.

"Biaya charging pun sangat murah, cuma dengan Rp20 ribu saya bisa bolak-balik jualan hingga 8 kali," terangnya.

Ia menambahkan dengan menggunakan motor listrik menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen dan dapat membantu menaikkan omzet penjualan. Sebelumnya, Astrid hanya mampu menjual di kisaran 10 kilogram (kg) lemon dalam seminggu, namun saat ini penjualan mencapai 40-50 kg.

"Motor listrik menaikkan kelas kami sebagai UMKM, omzet kami pun juga meningkat," ucapnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat