visitaaponce.com

Inflasi Turki Melejit di Juli ke 47,83

Inflasi Turki Melejit di Juli ke 47,83%
Konsumen melihat kurs mata uang saat mereka berkumpul di depan kantor penukaran uang untuk membeli atau menukar mata uang asing di Ankara.(AFP/Adem Altan.)

INFLASI tahunan Turki naik pada Juli menjadi 47,83%. Angkanya naik tajam dari 38,2% di bulan lalu. Data resmi menunjukkan pada Kamis (3/8/2023).

Angka baru itu, sejalan dengan ekspektasi, datang seminggu setelah bank sentral menaikkan lebih dari dua kali lipat perkiraan akhir tahun menjadi 58% dari 22,3%. Ini terjadi setelah bertahun-tahun keraguan dari ekonom independen tentang suku bunga.

Baca juga: Perekrutan Pekerja Swasta AS pada Juli Lebih Panas daripada Perkiraan

Angka resmi terus menurun sejak mencapai angka tertinggi lebih dari dua dekade sebesar 85% pada Oktober tahun lalu. Bank sentral dan ekonom telah memperkirakan tren kenaikan dari Juli.

Pada konferensi pers debutnya pekan lalu, gubernur bank sentral baru Hafize Gaye Erkan mengatakan inflasi akan naik sementara. Ini karena kenaikan nilai tukar lira serta langkah-langkah fiskal.

Baca juga: Turki Naikkan Suku Bunga tapi Pasar Tetap Kecewa

Di bawah mantan eksekutif Goldman Sachs dan First Republic Bank, bank sentral dua kali menaikkan suku bunga dari 8,5% menjadi 15%. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat