visitaaponce.com

Ekspor Jerman Naik Tipis di Juni tapi Prospek Suram

Ekspor Jerman Naik Tipis di Juni tapi Prospek Suram
Mobil baru berbagai merek diparkir untuk ekspor di tempat parkir terminal mobil di pelabuhan Duisburg, pada 19 Juli 2023.(AFP/Ina Fassbender.)

EKSPOR Jerman hanya naik sedikit pada Juni dan impor turun. Ini menyoroti permintaan yang lebih lemah karena ekonomi utama Eropa itu tengah berjuang.

Jerman mengirimkan barang senilai 131,3 miliar euro (US$143 miliar) pada Juni, menurut data yang diterbitkan oleh badan statistik federal Destatis, Kamis (3/8/2023). Ini naik 0,1% dari bulan sebelumnya.

Impor anjlok 3,4% menjadi 112,6 miliar euro. Ini memperlebar surplus perdagangan menjadi 18,7 miliar euro.

Baca juga: Pertumbuhan Sektor Jasa Amerika Serikat Lebih Lambat pada Juli

Penurunan tersebut terutama karena impor yang lebih rendah dari sesama negara zona euro, kata Destatis. "Perdagangan tidak lagi menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Jerman yang tangguh seperti dulu, melainkan menjadi hambatan," kata ekonom bank ING Carsten Brzeski.

Angka-angka terbaru, imbuhnya, mengonfirmasi bahwa ekonomi Jerman tetap terjebak dalam stagnasi. Kekuatan ekonomi Eropa itu mencatat pertumbuhan nol antara April dan Juni karena inflasi dan suku bunga yang tinggi terus membebani permintaan.

Baca juga: Sentimen Bisnis Jerman Turun Lebih Jauh pada Juli

Ekonomi Jerman menyusut selama dua kuartal sebelumnya. Negara itu meluncur ke resesi teknis setelah perang Rusia di Ukraina membuat harga energi melonjak.

Amerika Serikat tetap menjadi tujuan paling populer untuk barang-barang buatan Jerman pada Juni, kata Destatis, meskipun ekspor turun 0,2% pada bulan sebelumnya. Sebagian besar impor kembali datang dari Tiongkok.

Ke depan, para ekonom melihat sedikit harapan untuk pemulihan ekonomi yang cepat. "Runtuhnya buku pesanan ekspor sejak awal tahun menunjukkan pelemahan ekspor lebih lanjut dalam waktu dekat," kata Brzeski. "Gesekan rantai pasokan, ekonomi global yang lebih terfragmentasi, dan Tiongkok semakin mampu memproduksi barang yang sebelumnya dibeli dari Jerman merupakan semua faktor yang membebani ekspor Jerman," tambahnya. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat