visitaaponce.com

Menkop UKM Segera Buat Regulasi Mitigasi Produk Luar

Menkop UKM Segera Buat Regulasi Mitigasi Produk Luar
Menkop UKM Teten Masduki saat diwawancarai media di acara Hajatan UMKM 2023 di Tangsel.(MI/Alfredo Sitompul)

MENTERI Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki tengah mengupayakan regulasi untuk memitigasi produk luar. Langkah itu agar produk tanah air tetap berkembang dan memajukan Usaha, Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

"Kita harus melindungi produk-produk UMKM lokal agar tidak diserbu produk luar," ucap Teten pada hajatan UMKM 2023, di Tangerang Selatan, Minggu (6/8).

Menkop UKM memfokuskan 10 UMKM segera memasuki Bursa Efek Indonesia (BEI) 2023. Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah segera jemput bola agar UMKM dapat IPO pada tahun ini. 

Baca juga: Pelaku UMKM Harus Paham Perlindungan Kekayaan Intelektual

"Ya target kita dengan bursa efek itu akan jemput bola, target kita 10 tahun ini," ungkap Teten

Pemerintah, saat ini, membuat inkubator dengan BEI untuk menentukan UMKM yang akan masuk BEI. Teten mengatakan perihal penilaian dasar UMKM untuk masuk dalam papan akselerasi dengan memiliki aset senilai 50 miliar. 

"Kita akan jemput bola lalu kita inkubasi dan menghubungkan Security Crowd Funding (SCF), pokoknya yang punya nilai aset 50 miliar sudah bisa masuk papan akselerasi," kata Teten

Baca juga: Produk UMKM asal Solo ini Merambah Mancanegara

Teten menekankan adanya kebijakan UMKM untuk membatasi mobilisasi penjualan produk impor supaya barang murah tidak masuk ke dalam negeri. Ia pun berkeyakinan bahwa produk lokal mampu bersaing dan tak kalah bagus dengan barang impor murah luar negeri.

"Jangan sampailah barang murahan seperti itu masuk ke dalam negeri, toh di dalam negeri juga udah bisa bikin," tegasnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat