visitaaponce.com

Ini Penyebab Fluktuasi Harga Cryptocurrency

Ini Penyebab Fluktuasi Harga Cryptocurrency
Ilustrasi mata uang kripto(AFP/Ozan KOSE)

ASET kripto terkenal karena volatilitas harga yang mengejutkan. Dalam waktu singkat bisa terjadi kenaikan ribuan persen dan begitu pun sebaliknya, bisa tiba-tiba mengalami penurunan tanpa ampun. 

Dilansir dari Pintu Academy, ini adalah faktor yang menyebabkan turun naiknya harga aset kripto

1. Pasar kripto tidak pernah tutup

Baca juga : Gedung Bursa Kripto Pertama di Dunia, CFX Tower, Diresmikan di Jakarta

Berbeda dengan pasar saham yang memiliki jam operasional, bahkan libur pada Sabtu dan Minggu, pasar aset kripto justru buka selama 24 jam penuh sepanjang tahun tanpa adanya jeda waktu. 

Selain itu, kripto juga tidak mengenal batas wilayah, sehingga memungkinkan perdagangan dengan setiap mata uang di dunia. Tingginya transaksi yang terjadi dan aksi jual-beli setiap harinya membuat harga aset kripto bergerak sangat fluktuatif.

2. Distribusi kripto pengaruhi harga

Baca juga : Platform PINTU Gelar BUIDLRS Lounge dan Bahas Aset Kripto Ethereum

Investor besar atau "whale" memiliki aset kripto dalam jumlah besar menjadi faktor besar yang dapat mendorong naik-turunnya harga. 

Keputusan para whale dalam membeli atau menjual aset kripto secara besar-besaran memiliki dampak signifikan dalam pasar. 

Aksi jual dari para whale dapat memicu penurunan harga, sementara aksi beli mereka dapat mendorong harga naik.

Baca juga : Dukung Evolusi Industri Kripto, Tokcorypto Komitmen Dorong Ekonomi Digital

3. Inflasi

Beberapa aset kripto memiliki tingkat inflasi yang ditentukan dari awal. Misalnya, Bitcoin menghasilkan koin baru melalui mekanisme Proof-of-Work (PoW). Jumlah koin baru yang masuk ke pasar dapat memengaruhi harga, di mana penambang yang menjual koin untuk mendanai operasional mereka.

4. Sentimen pasar

Baca juga : Tren Penguatan Pasar Kripto Diprediksi Berlanjut

Pergerakan harga aset kripto dipengaruhi sentimen pasar yang dapat dipengaruhi oleh pemberitaan media massa. Pemberitaan positif dapat meningkatkan minat investor dan mendorong harga naik, sementara pemberitaan negatif dapat menurunkan harga seperti misalnya Mantan CEO Binance Changpeng Zhao yang dituntut penjara selama 4 bulan.

5. Pengaruh sistem hukum dan regulasi

Sikap negara terhadap aset kripto dapat memengaruhi harga. Regulasi yang ketat dapat menekan harga, sementara kebijakan yang mendukung adopsi crypto dapat meningkatkan harga.

6. Pasar kripto tidak dikontrol pihak manapun

Pasar kripto tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral, sehingga sangat rentan terhadap fluktuasi harga yang besar.

7. Leverage perdagangan dan derivatif

Penggunaan leverage dalam trading derivatif dapat memperbesar fluktuasi harga aset kripto.

Meskipun fluktuatif, kripto tetap menjadi aset yang menarik bagi investor. Kehadiran pedagang kripto seperti Aplikasi Pintu, misalnya, dapat mendorong penetrasi aset kripto lebih masif. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat