visitaaponce.com

Sutradara Legendaris Hollywood Norman Jewison Tutup Usia pada Usia 97 Tahun

Sutradara Legendaris Hollywood Norman Jewison Tutup Usia pada Usia 97 Tahun
Sutradara legendaris Hollywood Norman Jewison(AFP)

NORMAN Jewison, sutradara yang dinominasikan dalam Academy Awards lewat film "In the Heat of the Night" dan "Moonstruck," meninggal dunia pada usia 97 tahun, kata juru bicaranya pada Senin.

Jewison, yang lahir di Kanada, bekerja dengan beberapa bintang terbesar Hollywood, termasuk Steve McQueen, Denzel Washington, Sidney Poitier, dan penyanyi berubah menjadi aktris Cher.

Selama karirnya yang eklektik, ia melompat dari satu genre ke genre lain, menyutradarai musikal, komedi, dan romansa, namun paling dikenal untuk film-filmnya yang mengangkat isu-isu sosial yang berat.

Baca juga: Succession, The Bear, dan Beef Lanjutkan Dominasi di Musim Penghargaan, Terbaru di Emmy Awards ke-75

Jewison memulai karirnya di televisi, namun pindah ke Hollywood pada awal 1960-an di mana ia bermitra dengan Tony Curtis untuk komedi "40 Pounds of Trouble," yang terbukti menjadi hit di box office.

Dua film dengan Doris Day menyusul dengan Jewison terikat kontrak dengan Universal, sebuah kemitraan yang juga melibatkannya bekerja dengan James Garner dalam "The Art of Love."

Baca juga: Jamie Dornan Pernah Diserang Ulat Beracun Saat Berlibur di Portugal

Pengakuan Oscar datang tahun 1966 dengan film komedi unik "The Russians are Coming, the Russians are Coming," di mana ia meraih nominasi untuk kategori film terbaik.

Namun, melalui "In the Heat of the Night," ia mengumumkan dirinya sebagai seorang sutradara yang serius. Ia menciptakan peran berkesan dari pemenang Oscar Rod Steiger sebagai seorang sheriff rasialis di Selatan, beradu peran dengan Poitier.

Film ini memenangkan Academy Award untuk kategori film terbaik, dan ia dinominasikan sebagai sutradara terbaik.

Jewison berpasangan dengan McQueen untuk film sukses "The Thomas Crown Affair" dan kemudian beralih ke versi layar perak dari "Fiddler on the Roof," yang sangat diminati penonton.

Lebih banyak musik diikuti dengan rock opera "Jesus Christ Superstar," dengan Joshua Mostel memerankan Raja Herodes yang lezat.

Pada 1975, ia menyutradarai James Caan dalam film aksi distopia "Rollerball" sebelum bermitra dengan Al Pacino dalam komedi kelam 1979 "...And Justice for All."

Tahun 1987, ia mencapai kesuksesan komersial dan kritis dengan "Moonstruck," yang dibintangi Cher dan Olympia Dukakis, yang keduanya meraih Oscar untuk akting. Film ini juga memperkenalkan Nicolas Cage ke dunia.

Beberapa tahun berikutnya melibatkan proyek dengan Bruce Willis ("In Country"), Robert Downey Jr ("Only You"), dan Whoopi Goldberg ("Bogus").

Pada 1999, ia menyutradarai Washington yang meraih Piala Aktor Terbaik dalam "The Hurricane," kisah nyata tentang seorang petinju yang salah dituduh pembunuhan.

Jewison lahir di Toronto, Kanada, pada 21 Juli 1926, dan memulai debut aktingnya pada usia lima tahun. Ia menghabiskan waktu di Angkatan Laut Kanada dan meraih gelar sarjana di Victoria College, Universitas Toronto.

Sebagai pengemudi taksi, ia memulai karir aktingnya di Canadian Broadcasting Corporation, organisasi yang kembali ia tuju setelah dua tahun program kerja/studi dengan BBC.

Dalam beberapa tahun berikutnya, ia menulis, menyutradarai, dan memproduksi beberapa musikal, drama, pertunjukan komedi-varietas, dan program khusus terpopuler Kanada untuk perusahaan tersebut.

Pada 1982, Kanada menjadikan Jewison sebagai Perwira Order of Canada, dan tahun 1989, ia menjadi anggota Order of Ontario. Pada 1992, ia dihormati dengan Companion of the Order of Canada, penghargaan sipil tertinggi negara tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat