visitaaponce.com

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Mahasiswa Keperawatan UI Berikan Edukasi Tentang KB

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Mahasiswa Keperawatan UI Berikan Edukasi Tentang KB
Mahasiswi UI jurusan keperawatan memberikan edukasi tentang KB(Dok. Universitas Indonesia)

UNIVERSITAS Indonesia bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Sukmajaya dan Keluhan Mekarjaya Depok menggelar program kepedulian kepada masyarakat lewat program Keluarga Berencana. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Dosen Departemen Keperawatan Maternitas Universitas Indonesia Wiwit Kurniawati menuturkan, program Keluarga Berencana merupakan suatu langkah strategis dalam mengelola pertumbuhan populasi. Sehingg, kesejahteraan keluarga serta masyarakat secara menyeluruh dalat meningkat. 

“KB berperan penting dalam mengurangi angka kematian ibu dan bayi dengan membantu keluarga merencanakan kehamilan yang aman, menghindari kehamilan yang berisiko tinggi, serta meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan reproduksi,” ungkap Wiwit dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (28/7).

Wiwit menyampaikan, untuk meningkatkan cakupan program Keluarga Berencana diperlukan peran aktif dari kader-kader yang mampu memberikan informasi dan pemahaman yang baik kepada masyarakat secara langsung.

Baca juga: Program Keluarga Berencana Harus Antisipasi Fase Ageing Population

Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa residen Ners Spesialis Keperawatan Maternitas dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Para mahasiswa memiliki antusiasme tinggi dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. 

Tujuannya, tidak lain untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader terkait program Keluarga Berencana di wilayah setempat. Sehingga cakupan program keluarga berencana dapat ditingkatkan secara signifikan.

 Baca juga: Keluarga Berperan dalam Penurunan Angka Stunting

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bentuk nyata komitmen dari Universitas Indonesia dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Melalui pelatihan keluarga berencana untuk kader ini, kami berharap dapat membantu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya keluarga berencana dan manfaat yang diberikan bagi kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan,” jelas dia.

Pelatihan kader ini mencakup berbagai aspek penting, termasuk edukasi tentang pentingnya keluarga berencana, metode-metode kontrasepsi yang tersedia, mitos dan fakta mengenai Keluarga Berencana, pentingnya 1000 hari pertama kehidupan dalam mendukung generasi Indonesia yang cerdas, sehat dan tangguh serta pembelajaran bagi orang dewasa.

Selain memberikan teori dan informasi, kegiatan ini juga menyediakan sesi diskusi interaktif guna meningkatkan pemahaman peserta tentang penerapan program keluarga berencana dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara menyampaikannya kepada masyarakat di wilayahnya. 

“Diharapkan, dengan meningkatnya pengetahuan para kader dapat meningkatkan pula kesadaran masyarakat untuk mengikuti program KB, sehingga cakupan program keluarga berencana dapat diperluas dan manfaatnya dapat dirasakan oleh lebih banyak keluarga dan masyarakat di sekitar,” tandas Wiwit. (RO/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat