visitaaponce.com

Hari Asi Sedunia Tema, Sejarah, dan Tujuan

Hari Asi Sedunia : Tema, Sejarah, dan Tujuan
Hari ASI Sedunia diperingati setiap 1 Agustus.(Freepik)

PENTINGNYA menyusui bayi yang baru lahir merupakan dasar peringatan Hari Air Susu Ibu (ASI) sedunia yang jatuh pada 1 Agustus. ASI adalah makanan utama untuk bayi hingga usia 6 bulan. Dengan menyusui dapat mencegah anak kekurangan gizi (malnutrisi), termasuk wasting -- kondisi ketika seorang anak memiliki berat badan rendah sehubungan dengan tinggi badannya.

Nutrisi yang baik berkaitan erat dengan pemberian ASI eksklusif dan praktik pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang baik. Pemberian ASI yang kurang optimal dapat dikaitkan dengan berat badan anak yang kurang.

Lantas apa saja tema, tujuan dan sejarahnya ? Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Sadari Pentingnya Deteksi Anemia Sejak Dini

Tema 

Mengutip situs World Alliance for Breastfeeding Action (WABA), Pekan ASI Sedunia 2023 mengusung tema "Enabling Breastfeeding: Making a difference for working parents" yang berarti "Mengaktifkan Menyusui: Membuat perbedaan bagi orang tua yang bekerja".

Baca juga: Cara Menyapih Anak agar Tidak Rewel pada Malam Hari

Kampanye dengan hashtag #WBW2023 tersebut berfokus pada menyusui dan bekerja. WHO menggunakan pekan tersebut untuk memperjuangkan praktik terbaik untuk mendukung aktivitas menyusui terkait tempat kerja di berbagai negara.

Tujuan

  • Memberitahukan orang-orang mengenai perspektif orang tua yang bekerja tentang menyusui dan mengasuh anak
  • Jangkar cuti berbayar yang optimal dan dukungan tempat kerja sebagai alat penting untuk memungkinkan menyusui
  • Melibatkan individu dan organisasi untuk meningkatkan kolaborasi dan dukungan menyusui di tempat kerja
  • Menggembleng tindakan untuk meningkatkan kondisi kerja dan dukungan yang relevan ketika menyusui

Global Breastfeeding Collective mengajak para audiens untuk bergabung merayakan Pekan ASI Sedunia lewat Webinar "Let's Make Breastfeeding Work". Kegiatan itu diselenggarakan pada Kamis, 3 Agustus 2023 pukul 19.00 WIB.

Sejarah 

Melansir laman WABA, World Breastfeeding Week (WBW) diperingati pada 1-7 Agustus. Kampanye global itu meningkatkan kesadaran dan menggalang aksi pada tema-tema yang berkaitan dengan menyusui.

Pekan ASI Sedunia sekaligus memperingati Deklarasi Innocenti yang dibuat dan diadopsi peserta pertemuan pembuat kebijakan WHO/UNICEF tentang "Menyusui pada 1990-an: Inisiatif Global" tanggal 30 Juli-1 Agustus 1990 di Spedale degli Innocenti, Italia.

WBW mulai diperingati pada tahun 1992 dengan tema tahunan berbeda, seperti sistem perawatan kesehatan, perempuan dan pekerjaan, Kode Internasional Pemasaran Pengganti ASI, dukungan masyarakat, dan lain sebagainya.

Sejak 2016, Pekan ASI Sedunia diselaraskan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Resolusi Majelis Kesehatan Dunia juga mendukung WBW sebagai strategi promosi menyusui yang penting pada tahun 2018. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat