visitaaponce.com

Kemensos Bagikan Bantuan kepada Masyarakat Kupang di HUT ke-78 RI

Kemensos Bagikan Bantuan kepada Masyarakat Kupang di HUT ke-78 RI
Sentra Efata Kupang memberikan bantuan bagi masyarakat yang kurang membutuhkan.(Istimewa)

Suasana Khidmat perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia terasa hingga Indonesia bagian timur. Hal itu tergambar dari suasana peringatan hari bersejarah itu di kantor pemerintahan Sentra Efata Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ada suasana berbeda dari perayaan HUT RI tahun ini di lokasi tersebut. Selain upacara, di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemensos itu juga dilakukan penyerahan bantuan bagi warga rentan.

Penyerahan bantuan sejalan dengan arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang menyebut salah satu makna kemerdekaan adalah akses seluas-luasnya untuk semua lapisan masyarakat Indonesia. Kepala Sentra Efata Kupang, Radik Karsadiguna, menyatakan kemerdekaan berarti tersedianya kesempatan dan peluang yang sama untuk semua elemen bangsa.

Baca juga: Sejumlah Satwa Dilibatkan dalam Upacara Bendera Hari Kemerdekaan di Bali Safari

“Negara berkewajiban menyediakan hak-hak warga negara. Negara menyediakan fasilitas yang harus bisa diakses oleh semua warga negara. Lansia dan penyandang disabilitas diberikan haknya. Warga yang sakit, harus bisa mengakses fasilitas kesehatan. Ada anak tidak bisa sekolah kita bantu supaya bisa tetap sekolah,” ujar Radik dilansir dari keterangan resmi, Jumat (18/8).

Sentra menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang terdiri dari bantuan aksesibilitas, kewirausahaan dan pemenuhan kebutuhan dasar. Total bantuan tersebut senilai Rp377 juta.

Baca juga: Kisah Lilly Wenda, Tetap Tenang Meski dengan Sepatu Sebelah

Bantuan aksesibilitas yang diberikan berupa motor roda tiga untuk usaha bagi lima orang penyandang disabilitas fisik, kursi roda bagi 30 orang dan tongkat pintar bagi lima orang penyandang disabilitas sensorik netra.

Selain bantuan aksesibilitas, diberikan juga bantuan kewirausahaan berupa kios/warung bagi tiga penerima manfaat dan ternak babi bagi delapan penerima manfaat. Sentra Efata Kupang juga memberikan paket sembako bagi 74 warga yang termasuk lansia veteran dan lansia terlantar.

Dalam kesempatan selanjutnya, Radik menyampaikan bahwa HUT Kemerdekaan RI juga menjadi momen penting bagi Kementerian Sosial khususnya Sentra Efata Kupang untuk menyerahkan bantuan kepada yang membutuhkan.Radik berharap HUT kemerdekaan RI ke-78 ini menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan Sentra Efata Kupang kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera dan berkeadilan sosial. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat