visitaaponce.com

60 Hari tanpa Hujan Picu Kekeringan di Sebagian Jawa

60 Hari tanpa Hujan Picu Kekeringan di Sebagian Jawa
Ilustrasi sawah kekeringan(Antara)

Badan Nasional Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hari tanpa hujan di Jawa sudah lebih dari 60 hari. Hal tersebut memicu kekeringan yang membuat masyarakat kesulitan memperoleh air bersih.

"Ada kabupaten/kota yang menyampaikan tidak hujan lebih dari dua setengah sampai 3 bulan. Warga menjadi sulit mendapat air bersih," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing, Senin (11/9) malam.

Secara rinci, ia memaparkan wilayah yang mengalami kekeringan di Jawa Barat mencapai 13 kabupaten/kota. Kemudian, 18 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan 19 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Baca juga: Makam Kuno Muncul dari Waduk Gajah Mungkur

Tidak hanya memicu krisis air bersih, kondisi tanpa hujan dalam waktu lama juga membuat kebakaran hutan dan lahan di Jawa menjadi sulit dikendalikan. Di beberapa tempat, kobaran api meluas seperti yang terjadi di sejumlah kawasan pegunungan dalam dua pekan terakhir.

Tidak hanya di Jawa, Kalimantan Selatan juga melaporkan hari tanpa hujan selama lebih dari dua bulan. Namun, situasinya masih cukup terkendali dan kebakaran cepat tertangani sehingga tidak mengganggu udara di negara tetangga.

Baca juga: BNPB: Peningkatan Kejadian Karhutla Akibat Ulah Manusia

Di sisi lain, bencana banjir justru terjadi di Sumatera. Sebagian daerah tersebut, jelas Abdul, masih menerima kumulatif awan hujan dari fenomena gelombang ekuator yang menyebabkan curah hujan tinggi. Provinsi yang masih melaporkan kejadian banjir di antaranya Aceh, Sumatera Barat, dan Riau. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat