visitaaponce.com

Cacar Monyet di Indonesia Diprediksi Bisa Capai 3.600 Kasus

Cacar Monyet di Indonesia Diprediksi Bisa Capai 3.600 Kasus
Kasus Cacar Monyet bisa mencapai 3.600 kalau tidak dicegah(Ist)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) klaim kasus cacar monyet atau mpox di Indonesia diprediksi bisa mencapau 3.600 kasus menurut perhitungan epidemiolog.

"Kami undang para epidemiolog dan menghitung maka diperkirakan kasus di Indonesia bisa sampai 3.600 orang dalam setahun. Jika tidak dilakukan edukasi, vaksinasi maka kasus bisa mencapai ribuan kasus," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu dalam konferensi pers, Kamis (26/10).

Setiap kasus langsung dilakukan tracing termasuk kejadian mpox pada 2022. Ia menjelaskan kasus mpox pada tahun lalu lebi sedikit karena masih masa pandemi covid-19 sehingga saat berbarengan dengan pandemi maka kelompok dengan kategori Lelaku seks Lelaki (LSL) masih jarang bertemu.

Baca juga: 14 Kasus Cacar Monyet Teridentifikasi di DKI

Hingga kini kasus mpox di Indonesia benayak 14 kasus yang semuanya terpusat di DKI Jakarta. Sebanyak 80 persen kasus berasal dari kelompok LSL, dan sisanya dari biseksual dan heteroseksual.

Maxi menjelaskan penyebaran bisa terjadi keluar DKI Jakarta jika orang yang tertular langsung berpindah kota dan melakukan kontak dengan orang lokal di daerah. Sehingga dibutuhkan keterbukaan dengan kelompok LSL, telah melakukan kontak seksual dengan siapa yang diinginkan sehingga bisa lakukan tracing.

Baca juga: Dinkes DKI Sosialisasi Deteksi Dini Cacar Monyet

"Oleh karena itu harus bisa hidup bersih dan sehat, jangan melakukan hubungan seksual jika ada gejala, atau dengan hubungan seksual yang aman," ujar dia.

Situasi global kasus konfirmasi mpox terjadi 91.123 kasus dengan angka kematian 157 kasus dari 115 negara yang melaporkan. Negara yang paling banyak melaporkan per April 2023 dari Thailand. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat