visitaaponce.com

Pemanfaatan Artificial Intelligence Bikin Pembelajaran Lebih Interaktif

Pemanfaatan Artificial Intelligence Bikin Pembelajaran Lebih Interaktif
Ilustrasi(Ist)

PEMANFAATAN artificial intelligence (AI) pada dunia pendidikan membuka pintu revolusi baru. Di antaranya, memberikan pengalaman pembelajaran kepada peserta didik menjadi lebih interaktif dan personal.

"AI memungkinkan siswa merasakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik," ujar Peneliti Center for Digital Society Ilmu Komunikasi UGM Noel Silalahi, melalui keterangan tertulis, Senin (13/11).

Baca juga: Cisco Ungkap Strategi Baru AI untuk Webex

Selain itu, kata dia, AI juga bisa digunakan untuk pemantauan kemajuan siswa. Guru dapat memanfaatkan AI untuk menganalisis kemajuan siswa secara real time sehingga memungkinkan intervensi lebih tepat waktu dan efektif.

"AI juga dapat meningkatkan efisiensi proses pembelajaran. Terkait ini, AI bisa menilai tugas dan ujian secara otomatis, mengurangi beban kerja guru, dan memberikan umpan balik yang lebih detail bagi siswa," kata Noel.

Begitu pentingnya AI dalam dunia pendidikan, dia akan menyampaikan hal itu pada seminar Pemuda Digital bertemakan Pemanfaatan AI dalam dunia pendidikan yang digelar Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Solo, di Hotel Harris, Surakarta, Jateng, Senin (20/11) mendatang.

Baca juga: Pro-Kontra Penggunaan AI di Industri Musik

Dalam seminar itu, dia akan memaparkan sejumlah keuntungan utama dari penerapan AI pada dunia pendidikan.

"Contoh aplikasi AI pada pembelajaran juga dibahas seperti, penggunaan virtual reality (VR) pada ruang kelas, pembelajaran adaptif dengan AI, dan sistem tutor cerdas," tutur Noel.

Namun, kata dia, dalam pemanfaatan AI tersebut, peran guru sebagai fasilitator dan pengawas tetap krusial.

"Meskipun teknologi membantu, kehadiran guru memastikan penggunaan AI berjalan lancar, memberikan arahan, dan memberikan intervensi ketika diperlukan. Sementara itu, siswa diharapkan menjadi pembelajar mandiri yang aktif dalam pengembangan diri mereka," tutup Noel.

Baca juga: Teknologi AI Bukanlah Lawan, Tapi Optimalkan untuk Dorong SDM Berinovasi

Marketing and Communication Universitas BSI Kampus Solo Ahmad Fauzi menuturkan seminar tersebut akan menjadi platform bagi para guru dan siswa SMA/SMK sederajat untuk mendalami konsep dan aplikasi AI dalam dunia pendidikan.

Selain Noel Silalahi yang membawa perspektif akademis, narasumber lain yakni sosok pemudi inspiratif, Sindy Novela. Sindy merupakan Putri Indonesia Jambi 2023 sekaligus mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas BSI.

"Dengan kombinasi narasumber beragam, peserta diharapkan mendapatkan wawasan komprehensif tentang peran AI dalam dunia pendidikan,” tutup Ahmad. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat