visitaaponce.com

8 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri hingga Cegah Kanker

8 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Bisa Redakan Nyeri hingga Cegah Kanker
Ilustrasi manfaat sereh untuk kesehatan(Freepik)

Manfaat sereh untuk kesehatan tubuh cukup banyak. Oleh karena itu tanaman yang memiliki nama latin Cymbopogon citratus ini kerap digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, terutama di kalangan masyarakat Asia Tenggara.

Sereh memang banyak dijumpai dalam berbagai masakan khas Asia, seperti makanan Thailand dan India. Namun, karena mengandung berbagai vitamin dan mineral, sereh juga dikenal sebagai bahan alami untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Tak hanya di Asia Tenggara, penggunaan sereh sebagai obat herbal juga berkembang di negara-negara Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Baca juga : Jamu dan Obat Herbal yang Mengandung Steroid bisa Picu Diabetes

Memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, sereh juga berkhasiat untuk meredakan masalah pencernaan, masalah saraf, tekanan darah tinggi, meningkatkan kekebalan tubuh dan banyak lagi.

Adapun nutrisi yang terkandung di dalam sereh di antaranya protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin A, thiamin, asam folat, potasium, magnesium, zinc, dan lainnya.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa sereh mengandung sejumlah senyawa seperti flavonoid dan fenol yang dapat menjadi sumber antioksidan alami.

Baca juga : Finerenone, Harapan Baru Pasien Penyakit Ginjal Kronis

Masih banyak manfaat sereh untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat Cymbopogon citratus untuk kesehatan.

Manfaat Sereh untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak tanaman sereh secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh tubuh. Ekstrak sereh juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menyebutkan semakin banyak jumlah sereh yang dikonsumsi, maka potensi penurunan kolesterol pun akan semakin besar pula.

Baca juga : 10 Tahun ke Depan, Indonesia Diyakini Bisa Capai Kedaulatan Kesehatan dalam

Kolesterol yang normal dan seimbang dipercaya dapat mencegah munculnya kerusakan jantung.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam sereh dianggap mampu membantu mencegah kerusakan sel dalam sistem pembuluh darah, sehingga menurunkan potensi masalah jantung dan stroke.

Selain di Asia, tanaman sereh banyak dimanfaatkan dalam budaya Afrika untuk membantu mengobati penyakit jantung kronis.

Baca juga : Anda Punya Alergi? Perhatikan Obat yang akan Anda Konsumsi

2. Meredakan Infeksi Kulit

Ada pula manfaat sereh untuk kesehatan kulit.

Sereh yang diolah menjadi minyak dipercaya memiliki efek antijamur dan antiinflamasi, ketika dioleskan pada kulit yang terinfeksi jamur.

Minyak sereh juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan peradangan pada kulit.

Baca juga : Asosiasi Dokter Herbal Minta Fitofarmaka Bisa Diresepkan untuk Pasien BPJS Kesehatan

Senyawa dalam sereh juga memiliki sifat antibakteri, yang akan membantu mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat di kulit. Pemakaian minyak sereh secara teratur dapat membunuh bakteri dan melindungi kulit dari timbulnya jerawat.

Antioksidan yang terkandung dalam sereh juga berpotensi memperlambat efek penuaan pada kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak sereh akan menghalangi faktor-faktor eksternal yang dapat merusak kulit, seperti radikal bebas.

Penggunaan minyak sereh secara rutin juga dipercaya mengurangi keriput dan mengencangkan kulit.

Baca juga : Kombinasi Obat dan Vitamin B Bisa Kurangi Dampak Neuropati perifer

3. Meredakan Masalah Pencernaan

Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan manfaat sereh untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan yang terdapat di dalam sereh dipercaya mampu mengurangi racun dalam tubuh serta mengobati infeksi bakteri yang menyerang saluran pencernaan.

Melansir Journal of Renal Nutrition, mengonsumsi teh sereh juga dipercaya dapat mengobati kesulitan buang air kecil hingga meredakan perut kembung.

Baca juga : Ini Beda Gejala Serangan Jantung dan Maag

Dalam beberapa kasus, air rebusan sereh dapat digunakan sebagai alternatif minuman detoksifikasi dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, sereh juga berpotensi membantu penurunan berat badan.

4. Meredakan Stres

Beberapa orang mungkin menganggap meminum teh hangat dapat memberikan efek tenang. Namun, menambahkan ekstrak sereh dalam teh dipercaya dapat memberikan efek yang lebih menenangkan, termasuk mengurangi rasa cemas.

Selain diminum, manfaat sereh untuk kesehatan mental ini juga bisa didapatkan dengan menghirup minyak aromaterapi dengan ekstrak sereh.

Baca juga : Perubahan Kebiasaan Minum Obat Bisa Picu Penyakit Makin Kritis

Memorial Sloan Kettering Cancer Center menyebutkan aroma sereh dapat meredakan kondisi pasien yang mengalami kecemasan atau anxiety.

Selain itu, mengonsumsi teh sereh juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Masyarakat di beberapa daerah mempercayai manfaat sereh untuk kesehatan mulut. Mereka seringkali mengunyah batang sereh untuk meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga kebersihan mulut.

Baca juga : IPMG Dukung Pemerintah Tingkatkan Mekanisme Akses Obat Inovatif

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry menjelaskan bahwa sereh termasuk salah satu tanaman herbal yang ampuh menghambat pertumbuhan bakteri di mulut.

Sereh mengandung sejumlah senyawa yang memiliki sifat antimikroba. Mengonsumsi teh sereh dianggap dapat membantu mengobati gigi berlubang dan infeksi mulut.

Tak heran jika ada sejumlah produk pasta gigi yang mengandung ekstrak sereh.

Baca juga : Jenis Obat Kanker yang Ditanggung JKN Berkurang?

6. Mencegah Kanker

Tanaman sereh juga berkhasiat dalam mencegah penyakit kanker.

Sereh mengandung senyawa kuersetin, yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Sifat inilah yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Sejumlah senyawa dalam sereh juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga berpotensi melawan kanker dengan lebih baik.

Baca juga : 3 Jenis Obat Paling Banyak Dikonsumsi Masyarakat Kini Diproduksi di Dalam Negeri

Dalam jurnal Integrative Cancer Therapies disebutkan bahwa mengonsumsi sereh untuk penyembuhan kanker juga dapat dilakukan bersamaan dengan pengobatan kemoterapi dan radiasi.

Meski berpotensi mencegah dan membunuh sel kanker, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk penggunaan obat herbal ini, terutama jika kondisi kanker sudah serius.

7. Meringankan Nyeri Haid

Manfaat sereh untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk meredakan gejala-gejala PMS (Premenstrual Syndrome), seperti nyeri atau kram perut.

Baca juga : Ini Tanda Anak Anda tidak Perlu Diberi Obat Meski Batuk Pilek

Mengonsumsi rebusan sereh dianggap efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Kamu juga bisa mencampurkan air rebusan sereh dengan bahan alami lainnya seperti madu, agar memiliki rasa manis.

Kandungan senyawa dalam sereh yang bersifat antiinflamasi sangat bermanfaat untuk menenangkan perut yang nyeri karena haid.

Baca juga : Dukung Net Zero Carbon, Enesis Group dan BPOM Tanam Mangrove di Jakut

8. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin merupakan protein yang terdapat dalam sel darah merah, yang memiliki fungsi untuk mentransfer oksigen ke seluruh tubuh melalui darah.

Menurut penelitian, meminum teh sereh secara rutin selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin. Rutinitas ini juga dianggap dapat meningkatkan volume sel dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan senyawa dalam sereh yang bersifat antioksidan.

Baca juga : Obat Herbal Dipastikan bukan Solusi Atasi Serangan Jantung

Selain itu, kandungan zat besi dalam sereh juga dapat menjadi komponen penting dalam pembentukan hemoglobin dalam darah.

Cara Mengolah Ramuan Sereh

Pengaplikasian manfaat sereh untuk kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dibuat teh. Kamu bisa membeli teh sereh dalam kemasan atau membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat teh sereh sendiri: 

Baca juga : KG Bio Edarkan Obat Anemia Efepoetin Alfa Pertama

- Siapkan 1-2 batang sereh.
- Potong-potong sepanjang dua ruas jari.
- Rebus satu gelas air hingga mendidih.
- Seduh potongan sereh dalam air panas.
- Diamkan sekitar lima menit, kemudian saring dan sajikan.
- Minum selagi hangat atau tambahkan es batu agar terasa lebih segar.

Selain dibuat minuman, kamu juga bisa mendapatkan khasiat tanaman herbal ini dari sabun sereh atau minyak sereh, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Ada pula produk lilin aromaterapi yang menggunakan ekstrak sereh, untuk memberikan efek menenangkan.

Baca juga : Kolaborasi Vmedis dan Tetama Efisiensikan Pemesanan Farmasi 

Meski ada banyak manfaat sereh untuk kesehatan, perlu diingat bahwa mengonsumsi sereh atau menggunakannya di area kulit mungkin dapat menyebabkan efek samping pada beberapa orang.

Beberapa gejala yang mungkin muncul di antaranya pusing, mulut kering, ruam, gatal, kesulitan bernapas, atau jantung berdebar-debar.

Ada baiknya, berkonsultasi pada profesional kesehatan untuk meminimalisir efek samping yang mungkin muncul dari pengaplikasian manfaat sereh untuk kesehatan.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat