visitaaponce.com

Waspada Glaukoma Akut, Jika Terlambat Bisa Buta Permanen

Waspada Glaukoma Akut, Jika Terlambat Bisa Buta Permanen
Ilustrasi(Freepik)

DOKTER spesialis mata Prof Widya Artini Wiyogo mengungkapkan pasien yang menderita glaukoma akut, hanya memiliki waktu 2x24 jam untuk segera menurunkan tekanan bola mata, jika terlambat dalam penanganan, risikonya akan terjadi kebutaan permanen.

"Jika terlambat, kelainanannya akan menjadi permanen. Sehingga kami berkomitmen memberikan edukasi kepada masyarakat dan mengimbau agar masyarakat melakukan proses skrining dini glaukoma secara berkala," ucap Widya saat menjadi pembicara utama pada acara edukasi dini terkait bahaya glaukoma bersama Rumah Sakit Spesialis Mata JEC  di Jakarta, Kamis (21/3).

Glaukoma merupakan kondisi neuropati optik progresif, biasa disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan di dalam bola mata yang dapat merusak saraf optik dan berdampak pada penurunan fungsi penglihatan, hingga kebutaan.

Baca juga : Mata Kering Bisa Diatasi dengan Kompres Hangat

Penyakit glaukoma berpotensi memberikan dampak yang lebih fatal dibandingkan dengan katarak. Nyaris tanpa gejala, 90% kasus glaukoma di negara berkembang tidak terdeteksi dan glaukoma tidak dapat direhabilitasi, sehingga bisa menyebabkan kebutaan permanen.

MI/Eve Candela F--Head of Glaucoma Service, Dokter Spesialis Mata Konsultan JEC Menteng dan JEC Kedoya, Jakarta Prof Widya Artini Wiyogo.

“Sebanyak 80% kasus glaukoma hampir tidak memiliki gejala, kebanyakan pasien terdiagnosa secara tidak sengaja saat tes kesehatan atau di saat skrining. Namun, jika muncul gejala sakit kepala hebat, pandangan tiba- tiba kabur, mual, muntah, dan kesakitan hebat, masyarakat harus waspada," ungkap Widya 

Baca juga : Batasi Minum Kopi Jika Anda Berisiko Glaukoma

Widya menambahkan, penyakit Glaukoma sendiri ada yang bisa diketahui dan ada yang tidak bisa diketahui. Untuk yang bisa diketahui biasanya penyebabnya adalah karena terkena pukulan benda keras sehingga membuat saluran darah tersumbat serta katarak yang terlalu matang yang biasanya terjadi karena peradangan pada mata. 

Untuk yang tidak bisa diketahui biasanya karena faktor genetik, ras, mines tinggi, dan pemberian obat-obatan yang mengandung steroid. 

Sekadar informasi, steroid adalah obat yang memiliki senyawa dengan aktivitas antiperadangan dan untuk menekan sistem imun tubuh. Kebanyakan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung steroid dapat menyebabkan kerusakan pada mata. 

Kondisi ini dapat dialami usia berapapun, mulai dari anak bayi hingga dewasa. Namun dengan seiring peningkatannya faktor risiko, kondisi ini lebih banyak dialami oleh usia 40 tahun ke atas.

Sementara itu, untuk tekanan darah bola mata di atas 21 mmHg adalah pertanda bahwa pasien tersebut berpotensi terkena glaukoma. Cara menangani glaukoma bisa dilakukan dengan terapi, medikamentosa (pengobatan dengan pemberian obat pada pasien), laser, hingga operasi. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat