visitaaponce.com

Brasil Klaim Penggundulan Hutan Amazon pada Agustus Turun 66 Persen

Brasil Klaim Penggundulan Hutan Amazon pada Agustus Turun 66 Persen
Foto udara Hutan Amazon, Brasil(AFP/MAURO PIMENTEL)

PENGGUNDULAN hutan di Amazon yang berada di Brasil turun sebanyak 66% pada Agustus dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan oleh pemerintahan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, Selasa (5/9), menyebut hal itu merupakan bukti kebijakan lingkungan mereka berhasil.

"Pada Agustus, kita melihat penurunan 66,11% terhadap penggundulan hutan di kawasan hutan Amazon yang masuk wilayah Brasil," ungkap Menteri Lingkungan Hidup Brasil Marina Silva dalam upacara merayakan Hari Amazon.

Hal itu melanjutkan penurunan year-on-year pada Juli yang juga sebesar 66%. 

Baca juga: Ekonomi Brasil Melambat tapi Lampaui Perkiraan Kuartal Kedua

Angka itu penting karena penggundulan besar di Amazon biasanya meningkat di kedua bunlan itu karena cuaca yang lebih kering.

Menurut citra satelit yang diambil oleh Insitut Penelitian Luar Angkasa Brasil (INPE), penggunduran hutan di Amazon Brasil menghabiskan 1.661 kilometer persegi pada Agustus 2022, di era kepemimpinan Presiden Jair Bolsonaro.

Bolsonaro merupakan sekutu industi kehutanan yang dituding bertanggung jawab atas penghancuran hutan Amazon. Di era kepemimpinannya terjadi peningkatan tajam penggundulan hutan Amazon.

Baca juga: Investasi Tiongkok di Brasil Turun 78% pada 2022

"Hal ini menunjukan tekad pemerintahan Lula untuk menghentikan pembiaran yang dilakukan pemerintah sebelumnya," ujar Silva.

"Jika kita melindungi hutan, kita akan menyebabkan dunia mengalami kenaikan emisi CO2 dan sebagai akibatnya adalah perubahan iklim," lanjutnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat