visitaaponce.com

4 Desa di Ciamis Terkena Bencana Hidrometeorologi Usai Hujan

4 Desa di Ciamis Terkena Bencana Hidrometeorologi Usai Hujan
Intensitas hujan tinggi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyebabkan longsor yang menutup akses jalan dari Dusun Subang(BPBD Ciamis)

INTENSITAS hujan tinggi beberapa hari menyebabkan longsor yang menutup akses jalan di Dusun Subang, Desa Darmacang menuju Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (25/4). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani mengatakan intensitas hujan tinggi menyebabkan bencana hidrometeorologi berupa longsor menutup akses jalan. Namun, tim gabungan TNI, Polri, BPBD, dan Tagana bersama warga berupa menyingkirkan material longsor agar jalan menuju kawasan objek wisata dilewati kembali.

"Hujan deras yang terjadi semalam beberapa bencana telah menerjang Kabupaten Ciamis antaranya sebuah tebing longsor dan menutup jalan menuju objek wisata Darmacaang. Akan tetapi, proses evakuasi material menggunakan alat ekskavator karena petugas kewalahan mengingat timbunan tanahnya cukup tebal," katanya, Kamis (25/4).

Baca juga : Tasikmalaya Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi hingga 31 Mei 2024

Ani mengatakan berbagai upaya penanganan bencana longsor yang terjadi di wilayahnya.Petugas BPBD disebar ke titik yang lain supaya proses evakuasi lebih cepat. Namun, bencana yang terjadi agar masyarakat selalu waspada, jika hujan deras kembali turun mengingat adanya potensi longsor masih akan terjadi.

"Kabupaten Ciamis memang memiliki potensi bencana hidrometeorologi yang menimbulkan longsor, banjir, pohon tumbang, pergerakan tanah dan kami meminta agar masyarakat harus selalu tetap waspada ketika hujan turun. Karena, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) puncak hujan akan terjadi bulan April dan masyarakat tetap waspada seiring status darurat siaga bencana dilakukan hingga bulan Mei," ujarnya.

Menurutnya, bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Ciamis sejak semalam menerjang 4 kecamatan. Rumah milik Dedi, tertimpa longsor di Dusun Batumalang, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, rumah milik Juju, roboh berada di Dusun Cigarunggang, Desa Sumberjaya, Kecamatan Cihaurbeuti, tembok penahan tanah (TPT) longsor rusak dinding rumah, longsor di Dusun Pamijahan, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, longsor di Dusun Walahir, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih.

"Kami mengimbau agar masyarakat selama ini harus tetap waspada seiring status darurat siaga bencana tiap daerah telah dilakukannya hingga bulan Mei. Karena, puncak hujan masih terjadi dan adanya berpotensi menyebabkan banjir, longsor, pergerakan tanah serta angin puting beliung, tapi kesiapsiagaan harus tetap dilakukan di lokasi rawan bencana," paparnya. (Z-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat