visitaaponce.com

Polri Dalami Kasus Padam Listrik di PLN UPT Ungaran

Polri Dalami Kasus Padam Listrik di PLN UPT Ungaran
Kondisi kawasan bundaran Patung kuda yang terkena dampak pemadaman listrik, Jakarta, Minggu (4/8/2019).(MI/PIUS ERLANGGA)

PIHAK kepolisian tengah sedang gencar melakukan pemeriksaan terhadap petugas PT PLN UPT Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Hal itu dilakukan setelah padamnya listrik di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat pada hari Minggu (4/8).

"Setelah terjadinya mati listrik polisi langsung mendatangi PLN UPT Ungaran dan melakukan komunikasi," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (6/8).

Komunikasi tersebut untuk mencari tahu sumber terjadinya padamnya listrik di setengah pulau Jawa tersebut.

"Di sana langsung komunikasi dengan beberapa petugas untuk ketahui apa penyebab dan faktor blackout," ujar Dedi.

Dari hasil pemeriksaan sementara Polri menyimpulkan padamnya listrik (blackout ) di Jabodetabek lantaran adanya faktor alam dan gangguan teknis.

"Dari hasil keterangan petugas UPT Ungaran, tim langsung turun ke TKP. Kematian diduga kuat penyebabnya lantaran adanya gangguan transmisi di l Ungaran-Pemalang sebesar 500 Kv," terang Dedi.

Dari pemeriksaan TKP tersebut, diketemukan bahwa dugaan sementara ialah tumbangnya pohon setinggi 8,5 meter yang menjadi salah satu penyebab terganggunya transmisi tersebut.

"Karena disitu batas maksimal pohon itu kalau di bawah jaringan 8,5 meter kalau di atas akan terjadi flash atau lompatan listrik dan itu bisa ganggu transmisi tersebut," cetus Dedi.

Baca juga: Sebelum Padam, Transmisi Ungaran-Pemalang Meledak Tiga Kali

Meski begitu, Dedi menerangkan bahwa dugaan dan pemeriksaan petugas itu merupakan rangkaian awal dimulainya penyelidikan penyebab padamnya listrik tersebut.

Tim Bareskrim Polri dan PT PLN juga akan mendalami adanya faktor lain yang menyebabkan mati lampu di Jabodetabek dan Jawa Barat (Jabar) tersebut. Termasuk, adanya dugaan sabotase.

"Demikian tim dari Bareskrim dan PLN akan lakukan investigasi secara komprehensif terkait blackout yang dampak ke Jabar dan lain-lain. Ini butuh proses mendalam," tutup Dedi. (A-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat