visitaaponce.com

Penipu Tiket Konser Coldplay Pancing Korban Pakai Tiket Asli

Penipu Tiket Konser Coldplay Pancing Korban Pakai Tiket Asli
Pelaku penipu tiket konser Coldplay ditangkap(Khoerun Nadif Rahmat)

PENIPU jasa titip (jastip) tiket Konser Coldplay Jakarta pancing korban pakai tiket asli serta akun twitter dengan 1.509 follower. Pada penyidik, kedua penipu mengaku membeli tiket konser seharga Rp4,5 juta dan akun Twitter seharga Rp750 ribu. 

“Modal dulu, beli akun Twitter dia punya tiket satu, itulah dia buat (postingan Twitter) kalau dia punya tiket satu, tiketnya Rp4,5 juta,” ungkap Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis, Senin (22/5).

Auliansyah menambahkan penjual akun Twitter pada pelaku kemungkinan juga akan ditelusuri. Namun saat ini kami akan melakukan koordinasi dengan pihak Mabes Polri, dalam hal ini Dittipidsiber Bareskrim Polri terkait pengungkapan kasus penipuan tiket konser Coldplay.

Baca juga: Pelaku Penipuan Tiket Konser Coldplay Ditangkap

"Nanti kami koordinasi dengan mabes Polri. (Kami tindak) Laporan Polisi yang ada di kami dulu, kita lagi proses ini. Karena tadi kita tanya mereka beli dimana, dengan harga berapa sedang kita kembangkan,” jelas dia. 

Auliansyah mengatakan bahwa pihaknya telah menetapkan dua tersangka dalam kasus penipuan penjualan tiket konser Coldplay.

Baca juga: Pelaku Penipuan Tiket Coldplay Berencana Jual dengan Harga Dua Kali Lipat

Adapun dua pelaku dalam kasus tersebut berinisial ABF, Laki-laki, 22 tahun, dan W, Perempuan, umur 24 tahun. Mereka ditangkap di di Jalan Menur 1 Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Ditreskrimsus Subdit Siber mengungkap terjadinya penipuan oleh pelaku yang mana objeknya adalah masyarakat yang ingin membeli tiket konser coldplay," kata Auliansyah.

Para pelaku penipuan, lanjut Auliansyah, awalnya dengan membeli akun media sosial twitter @findtrove_id. Mereka membeli akun twitter untuk penipuan kepada masyarakat yang ingin membeli tiket konser asal Inggris tersebut.

"Mereka selaku pelaku membuka website dengan nama findtrove_id dimana website ini mereka beli dari twitter. Jadi mereka beli dari seseorang kenapa mereka memilih website ini karena website ini sudah banyak followernya," kata dia.

Selanjutnya, pelaku penipuan juga membeli akun bank untuk menampung uang dari para korban seharga Rp400 ribu. Selanjutnya pelaku baru mentransfer uang tersebut ke rekening pribadi.

Auliansyah menambahkan, pelaku melakukan aksi penipuan dengan motif ekonomi. Dari hasil penipuan tersebut, dikatakan Auliansyah, korban meraup ratusan juta rupiah.

"Kami men-tracing yang ada di tabungan mereka ada sebesar Rp257 juta. Ini untuk hasil penyidikan sementara," terangnya.

Atas perbuatannya, Tersangka dikenakan Pasal 28 ayat (1) jo Pasal 45A ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan atau Pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan atau Pasal 3, Pasl 4, Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Sebelumnya, Polri tengah melakukan penyelidikan terkait dengan temuan atas dugaan penipuan penjualan tiket konser grup band asal Inggris, Coldplay yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat 15 November mendatang.

Dirttipidsiber Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid menjelaskan soal temuan tersebut berdasarkan patroli siber yang dilakukan oleh pihaknya.

"Kami mendengar dan menemukan adanya dugaan penipuan penjualan tiket online Coldplay melalui hasil patroli siber," kata Dirttipidsiber Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid A Bachtiar.

"Atas temuan tersebut kita sedang lakukan penyelidikan untuk mendalami dugaan penipuan yang terjadi," imbuhnya.

Coldplay resmi mengumumkan menggelar konser di Glora Bung Karno, Jakarta, Indonesia, pada 15 November mendatang. Kedatangan band asal Inggris itu sebagai rangkaian Music Of The Spheres World Tour yang memecahkan rekor.

“Halo, apa kabar yang di Indonesia. Kami sangat senang, untuk mengumumkan konser pertama kami di negara anda yang indah,” ujar vokalis Coldplay Chris Martin, dilansir dari sosial media pkentertainment.id sebagai promotor, dikutip Selasa (9/5).

"Kami akan berada di Indonesia-di Jakarta pada 15 November. Kami berharap dapat bertemu denganmu nantinya disana. Terima kasih,” lanjutnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat