visitaaponce.com

Marak Kasus Penipuan Tiket Konser Coldpkay, Polda Metro Jaya Masyarakat Harus Jeli

Marak Kasus Penipuan Tiket Konser Coldpkay, Polda Metro Jaya : Masyarakat Harus Jeli
Penggemar mengikuti war tiket konser Coldplay(MI/Ramdani)

POLDA Metro Jaya memberikan imbauan kepada masyarakat untuk lebih jeli berselancar di media sosial khususnya mencari jasa titip (jastip) tiket konser Coldplay.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis mengatakan, imbauan itu dikeluarkan buntut maraknya kasus penipuan tiket konser Coldplay.

"Masyarakat harus jeli. Misalnya tidak yakin, bisa tanya penyelenggara, 'apakah kami bisa membeli dengan akun tersebut'," kata Auliansyah saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (5/6).

Baca juga : Tampang Tersangka Penipuan Tiket Coldplay yang Berhasil Dibekuk Polisi

"Jangan sampai tergiur dengan ajakan yang belum tentu benar," imbuhnya.

Auliansyah menambahkan, jika masyarakat ragu terhadap salah satu akun jastip, maka masyarakat dapat menanyakan terlebih dahulu ke pihaknya sebelum melakukan transaksi.

Baca juga : Polda Metro Kembali Menangkap Dua Penipu Tiket Konser Coldplay di Sulsel

Selanjutnya, Auliansyah pun akan menanyakan lebih lanjut kepada pihak penyelenggara mengenai akun-akun jastip tersebut.

"Kita akan bantu (masyarakat). Karena kita kan harus bertanya juga ke penyelenggara," sebutnya.

Sejauh ini Polda Metro Jaya telah berhasil mengungkap dua kasus penipuan tiket konser Coldplay. Pertama dua tersangka inisial pria ABF 22, dan wanita inisial W 24, yang memakai akun @Findtrove_id, membuka jasa titip (jastip) tiket konser Coldplay sampai memakan 60 korban dan kerugian ditaksir Rp257 juta yang ditangkap di Yogyakarta.

Terbaru, berhasil meringkus empat tersangka yakni inisial MS 22, MHH 20, AB 36, dan A 35 yang diamankan di daerah Sulawesi Selatan. Mereka menipu memakai akun @jastiptiket.coldplay dengan berhasil meraup keuntungan mencapai Rp20 juta, dari tiga orang korban.

Polisi menerima sejumlah laporan terkait penipuan tiket ini. Ada di Polda Kepulauan Riau, Polda Jawa Tengah, Polda Metro Jaya, dan Bareskrim Polri.

Laporan yang masuk di Bareskrim Polri tercatat ada 65 korban dengan total kerugian Rp227 juta. Sebanyak 7 korban di antaranya telah diperiksa Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri. Para korban juga telah menyerahkan sejumlah barang bukti.

Laporan penipuan penjualan tiket ini teregistrasi dengan laporan polisi (LP) nomor: LP/B/106/V/2023/SPKT/BARESKRIM POLRI Tanggal 19 Mei 2023. Terlapor dipersangkakan Pasal 45A Jo Pasal 28 Ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 378 KUHP dan Pasal 3, 5, 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Coldplay resmi mengumumkan menggelar konser di Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia, pada 15 November mendatang. Kedatangan band asal Inggris itu sebagai rangkaian Music Of The Spheres World Tour yang memecahkan rekor.

“Halo, apa kabar yang di Indonesia. Kami sangat senang, untuk mengumumkan konser pertama kami di negara anda yang indah,” ujar vokalis Coldplay Chris Martin, dilansir dari sosial media pkentertainment.id sebagai promotor, dikutip Selasa (09/05).

"Kami akan berada di Indonesia-di Jakarta pada 15 November. Kami berharap dapat bertemu denganmu nantinya disana. Terima kasih,” lanjutnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat