visitaaponce.com

Istri Sandiaga Uno Buka Asrama Sahabat Yatim di Jakarta Selatan

Istri Sandiaga Uno Buka Asrama Sahabat Yatim di Jakarta Selatan
Nur Asia atau akrab disapa Mpok Nur Asia Uno membuka Asrama Sahabat Yatim di Jagakarsa, Jakarta Selatan.(Ist)

Istri dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Nur Asia, atau akrab disapa Mpok Nur Asia Uno  bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Sahabat Yatim membuka Asrama Sahabat Yatim di Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Rabu (7/6).

Asrama tersebut merupakan asrama Sahabat Yatim yang ke-26 dan telah tersebar di 22 kota dan 17 provinsi di Indonesia. 

Acara pembukaan berlangsung lancar dengan dilaksanakannya pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Nur Asia.

Baca juga: Pekerja Pertamina Beri Santunan Anak Yatim di Penghujung Ramadan

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan santunan anak yatim, peluncuran program Qurban Rahmat Bagi Negeri, dan diakhiri dengan siraman spiritual bersama penceramah Umi Pipik.

Acara ini turut dihadiri oleh beberapa tokoh terkenal, antara lain penyanyi Caca Handika, aktor profesional, Agus Wisman Elfa's Singer, penyanyi tembang kenangan, perwakilan GASS (Gabungan Artis Seniman Sunda), dan perwakilan D’Seniorita, artis dangdut senior.

Mengawali acara Agus Wisman, penyanyi kawakan dari Elfa's Singer yang kini menjadi Duta Sahabat Yatim Jagakarsa menyampaikan kebahagiaan telah dibukanya Asrama ke-26 Sahabat Yatim.

"Hari ini saya bahagia sekali, mendapatkan amanah sebagai Duta Sahabat Yatim Jagakarsa. Sejak dahulu, saya senang sekali bermain bersama anak-anak. Hari ini begitu spesial, saya mengajak kerabat, sahabat, dan kawan lama untuk hadir dalam pembukaan Asrama di sini," kata Agus dalam keterangan pers, Sabtu (10/6).

Ajak Peduli Terhadap Anak Yatim 

Nur Asia yang juga merupakan Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengungkapkan pentingnya perhatian dan dukungan terhadap anak yatim sebagai masa depan bangsa.

Baca juga: Pengurus Masjid di Pidie Serahkan Santunan bagi Anak Yatim

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada sahabat yatim yang telah konsisten menjaga tumbuh kembang anak-anak yatim di Indonesia.

"Saya merasa sangat bangga dan bersyukur atas pembukaan Asrama Sahabat Yatim di Jagakarsa ini. Anak-anak yatim adalah bagian tak terpisahkan dari masyarakat kita, dan mereka memiliki potensi yang luar biasa," jelasnya.

'Dalam asrama ini, mereka akan mendapatkan perhatian, kasih sayang, dan pendidikan yang layak sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang berprestasi dan mandiri," ungkap Nur Asia.

"Saya merasa sangat bangga dan bersyukur atas pembukaan Asrama Sahabat Yatim di Jagakarsa ini. Anak-anak yatim adalah bagian tak terpisahkan dari masyarakat kita, dan mereka memiliki potensi yang luar biasa. Dalam asrama ini, mereka akan mendapatkan perhatian, kasih sayang, dan pendidikan yang layak sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang berprestasi dan mandiri,” tambah Nur Asia.

Baca juga: BAZNAS Berbagi Bingkisan Ramadan untuk Anak Yatim di Pejaten Mall 

Nur Asia terus berkomitmen dalam mendukung upaya perlindungan dan pembinaan anak-anak yatim serta mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam memberikan kontribusi bagi masa depan mereka.

“Saya mengajak semua pihak untuk terus mendukung upaya Sahabat Yatim dalam memberikan perlindungan dan pembinaan kepada anak-anak yatim di seluruh Indonesia. Mari kita bersama-sama menjaga masa depan mereka dan memberikan mereka harapan yang lebih baik," paparnya.

"Terima kasih kepada sahabat yatim yang telah menjadi pilar dalam upaya kita menjaga dan merawat anak-anak yatim. Semoga Allah senantiasa memberikan berkah dan kebaikan bagi kita semua," tutup Nur Asia.

Baca juga: Ceria Golf dan Komunitas Golf Salurkan Sedekah Rp 297 Juta kepada Anak Yatim

Pada kesempatan tersebut, Bobby Satria, Direktur Utama Sahabat Yatim, menyampaikan sambutannya, "Alhamdulillah, atas ridho Allah, kami berusaha mengoptimalkan segala aspek untuk membangun asrama ini. Asrama ini akan menjadi tempat belajar, mengaji, bersosialisasi, hingga menghafal Al-Qur'an bagi anak-anak kita semua. Semoga amal sholeh ini menjadi kebaikan bagi kedua orangtuanya."

Dengan tegas Bobby menyampaikan, “Sahabat Yatim menjamin bahwa setiap anak yang tinggal di asrama akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Anak-anak tersebut akan diasuh oleh sepasang suami-istri yang menjadi kepala asrama, dan akan dibina sebagaimana anak-anak pada umumnya..

"Jumlah maksimal anak dalam satu asrama adalah sekitar 10 anak, dan hal ini diharapkan menjadi standar agar anak-anak mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang layak,” ucap Bobby.

Sahabat Yatim mendorong anak-anak di Asrama Sahabat Yatim untuk memiliki cita-cita tinggi. Banyak anak didik Sahabat Yatim yang telah lulus kuliah. Sahabat Yatim juga membangun Pesantren Tahfidz untuk usia mulai 12 tahun agar menjadi penghafal Al-Qur'an dan dai.

“Sahabat Yatim mendorong anak-anak yang tinggal di Asrama Sahabat Yatim untuk memiliki cita-cita tinggi. Banyak anak didik yang telah lulus dari bangku perkuliahan," kata Bobby.

Bangun Pesantren Tahfidz

."Selain itu, Sahabat Yatim juga membangun dan memfasilitasi Pesantren Tahfidz bagi anak-anak yang ingin melanjutkan fokus pada pendidikan agamanya. Dengan demikian, anak-anak ini dapat menjadi penghafal al-Qur'an dan dai,” terang Bobby.

Baca juga: Pembukaan Gerai Ramadan 2023, BAZNAS Berbagi Berkah Bersama Anak Yatim 

Bobby juga menekankan, "Berbahagialah bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk membiayai kehidupan anak yatim, menyekolahkannya, dan memperhatikan masa depannya. Jika Anda peduli terhadap anak yatim, maka Anda tengah memudahkan jalan menuju surga."

"Sebagaimana hadits Nabi Rasulullah, beliau bersabda: 'Aku dan orang yang memelihara anak yatim akan masuk surga seperti ini,' lalu Nabi memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah serta merenggangkan keduanya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari,".tuturnya

Acara pembukaan Asrama Sahabat Yatim di Jagakarsa ini merupakan wujud nyata dari upaya Sahabat Yatim dalam memberikan perlindungan, pendidikan, dan pembinaan kepada anak-anak yatim dhuafa di Indonesia. Diharapkan dengan adanya asrama ini, anak-anak yatim dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, memiliki cita-cita yang tinggi, serta dapat menggapai masa depan yang lebih baik.

Sekilas Sahabat Yatim

Sahabat Yatim merupakan Lembaga Amil Zakat berskala Nasional (Laznas) yang juga bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

Berdiri sejak 01 September 2009 di Tangerang Selatan Provinsi Banten, hingga kini setiap tahunnya mampu membantu ribuan anak-anak yatim dan dhuafa serta masyarakat marginal juga masyarakat yang terdampak bencana di berbagai pelosok di Indonesia.

Sahabat Yatim telah menjadi Laznas dan sudah mendapatkan SK Kementerian Agama No. 912 pada tahun 2020. Rutin melakukan audit setiap tahunnya oleh akuntan publik dengan capaian akhir keterangan Wajar Tanpa Pengecualian.

Dengan 26 asrama yang menampung lebih dari 270 adik-adik yatim dan dhuafa, Sahabat Yatim turut menjadi salah satu lembaga sosial kemanusian yang aktif menjalankan program-program kebermanfaatan di berbagai sektor; sektor pendidikan, ekonomi, sosial kemanusiaan, dakwah, dan kesehatan. (RO/S-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat