visitaaponce.com

Setiap Hari Terjadi 2 Peristiwa Kebakaran di Depok

Setiap Hari Terjadi 2 Peristiwa Kebakaran di Depok
Warga melintas di samping gudang yang terbakar di Pekapuran, Depok, Jawa Barat, Senin (12/9/2022).(ANTARA/ASPRILLA DWI ADHA)

PEMERINTAH Kota Depok mengungkapkan ada 1-2 kasus kebakaran yang terjadi di Kota Depok setiap harinya. Mayoritas kasus kebakaran disebabkan korsleting listrik, buang puntung rokok, dan kebocoran tabung gas elpiji.

"Satu hari di Kota Depok frekuensi 1-2 (kasus kebakaran) dengan skala sampah sampai gudang. Angkanya mungkin di atas 200 kejadian kebakaran dari Januari sampai Oktober (2023)," ujar Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Deni Romulo Hutauruk, Senin (16/10).

Menurutnya, kasus kebakaran masih menjadi salah satu bencana yang kerap terjadi di wilayah Kota Depok. "Warga perlu berhati-hati dalam menggunakan instalasi kabel listrik hingga kebocoran tabung gas elpiji dan puntung rokok," ungkapnya.

Baca juga: Pasca Kebakaran, Museum Nasional Tutup Hingga Akhir Tahun

Hal tersebut menjadi tugas semua pihak untuk bersama-sama mengurangi angka kebakaran di Kota Depok yang angkanya selalu tinggi. Terlebih di musim kemarau saat ini.

Musim kering, sambung Deni, selain berdampak pada kehidupan, terkadang menimbulkan permasalahan di lingkungan sekitar seperti kebakaran.

Baca juga: Pemprov DKI Gencarkan Pencegahan Kebakaran di Jakarta

Oleh sebab itulah, lanjutnya, saat musim kering lebih baik tidak membakar sampah karena api bisa menyambar ke tanaman kering yang akan cepat terbakar.

"Banyak lahan dijadikan tempat pembuangan sampah liar, banyak pula rumah di Kota Depok tidak lakukan perbaikan instalasi PLN. Dalam bangunan tanggung jawab pemilik, yang sewa. Kami biasanya tinjau lokasi kebakaran, banyak kabel serabut tahun 80-an," papar dia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat