visitaaponce.com

DPRD DKI Dukung Formula E Tetap Digelar di 2024

DPRD DKI Dukung Formula E Tetap Digelar di 2024
DPRD Jakarta dukung penyelenggaraan Formula E di 2024(Antara)

ANGGOTA Komisi D DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan menyatakan balap mobil Formula E bisa saja tetap diselenggarakan tahun depan. Menurut dia, hajatan politik Pemilu dan Pilkada serentak yang digelar tahun depan secara beruntun tidak bisa menjadi dalih penyelenggaraan diundur ke beberapa tahun mendatang.

Sebab, Formula E sudah tidak menjadi urusan Pemprov DKI tetapi sudah murni sebagai kesepakatan bisnis antara PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara dan FIA sebagai induk organisasi balap mobil dunia serta Formula E Operations (FEO) sebagai induk Formula E.

"Ya pertama penyelenggaranya dari segi waktu itu sih bisa-bisa aja. Tidak bisa juga tahun pemilu jadi alasan. Itu kan bisa disiasati waktunya. Tidak harus bersamaan dengan pemilu kan. Bisa aja 1 bulan setelah atau di pertengahan waktu antara Pemilu dan Pilkada," kata Pantas ditemui Media Indonesia di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (7/11).

Baca juga: Jakpro Pastikan Formula E Tetap Digelar Tahun Depan

Sementara itu, ia juga berharap, Jakpro bisa meningkatkan profesionalitas dalam menggarap agenda internasional tersebut sehingga prospek bisnis serta keuntungan yang bisa diraih lebih meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Terlebih lagi, jika jadi dilaksanakan tahun depan, pelaksanaan Formula E itu akan menjadi yang ketiga kalinya sekaligus terakhir diadakan di Jakarta. Momen tersebut harus dimanfaatkan seluas-luasnya untuk meraih keuntungan dan menunjukkan Jakarta mampu menjadi kota global.

Sebagaimana diketahui, Jakarta telah menyetor 'commitment fee' sebesar Rp560 miliar pada 2019 melalui APBD DKI untuk menjadi tuan rumah balap Formula E selama tiga musim pada 2022, 2023, dan 2024.

Baca juga: Momentum Libur Akhir Tahun, PKS Dorong Formula E Diadakan Akhir 2024

"Kemudian orientasi bisnisnya harus tajam dari segi penyelenggara. Karena ini jadi beban dia, maka insting bisnis dia harus kuat," kata politikus PDIP itu.

Sementara itu, hingga kini nama Jakarta masih belum tercantum dalam daftar kota-kota yang akan menyelenggarakan Formula E tahun depan. Kota-kota Asia yang akan menjadi tuan rumah Formula E tahun depan adalah Diriyah (Arab Saudi), Hyderabad (India), Tokyo (Jepang), dan Shanghai (Cina). 

FIA menyebut tidak adanya Jakarta dalam daftar tuan rumah Formula E karena mengkhawatirkan aspek keamanan penyelenggaraan karena bertepatan dengan tahun politik. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat