visitaaponce.com

Sampah APK hingga Rumah Tangga Berserakan Usai Pemungutan Suara Pemilu di Depok

Sampah APK hingga Rumah Tangga Berserakan Usai Pemungutan Suara Pemilu di Depok
Tumpukan sampah pascapemungutan suara pemilu 2024 di beberapa titik Kota Depok, Kamis, 15 Februari 2024.(Dok.MI)

SAMPAH berserakan usai berakhirnya pemungutan suara pemilihan umum (pemilu) presiden dan legislatif di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).

Tampak sampah rumah tangga, bungkus makanan, plastik, dan sisa-sisa bahan kertas dari alat peraga kampanye (APK) partai politik (parpol) juga berserakan di berbagai titik Kota Depok. Bahkan, sampah juga berserakan di pasar-pasar tradisional, rel kereta api, dan saluran drainase.

Tak hanya sampah yang berserakan, tetapi juga sejumlah pohon yang berada di pinggir jalan rusak terkena paku APK parpol. Dari pagi hingga siang ini terlihat tidak ada pihak yang membersihkan sampah yang berserakan tersebut.

Baca juga : Sirekap Bukan Dasar Penentuan Penghitungan Suara

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (KDLHK) Kota Depok Abdul Rahman sampah yang berserakan hingga menumpuk di jalan-jalan seperti jalan nasional, jalan provinsi, jalan kota hingga kampung-kampung karena libur bersama pemilihan presiden-wakil presiden dan pemilihan DPR RI, DPD, DPRD tingkat I dan tingkat II.

"Kemarin kan acara pemilu anak-anak libur imbasnya sampah jadi numpuk. Biarpun begitu, nanti akan saya cek. Saya segera memerintahkan Kepala Bidang Kebersihan Dadan Ardan membersihkan sampah tersebut dan mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok," kata Abdul Rahman, Kamis (15/2).

Ia juga mengatakan akan membersihkan paku APK dari pohon. "Kita akan sisir pohon-pohon yang terpaku APK itu," ucapnya.

Baca juga : 9 Daerah Rawan di Papua Relatif Aman pada Hari Pemungutan Suara

Salah satu warga Kota Depok, Ari Manggala mengaku prihatin dengan kondisi wilayah yang dipenuhi oleh sampah. Ari mengaku sangat terganggu dengan sampah yang berserakan itu.

"Saya hampir tiap hari olahraga di Kota Depok merasa tidak nyaman dengan sampah-sampah itu. Sangat mengganggu," katanya.

Dia berharap DLHK Kota Depok segera membersihkan sampah-sampah di Kota Depok itu. "Harusnya dibersihkan, jangan dibiarkan sampai membusuk," harapnya.

Baca juga : Kubu Anies dan Muhaimin Soroti Berbagai Pelanggaran Serius Pilpres

Sampah-sampah yang berserakan terlihat di Pasar Tugu, Jalan Raya Bogor dan Jalan Komjen M.Yasin, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. Sampah yang menumpuk dan berserakan disini tampak menutup badan jalan pasar dan saluran air. Akibat sampah ini konsumen dan pedagang harus mencari jalan alternatif masuk pasar.

Paling parah lagi di lingkungan RW 12 Jalan Raya Bogor, Kelurahan Tugu. Pengendara dari arah simpang Depok sering terjatuh karena sampah berserakan hingga badan jalan. Tumpukan sampah tersebut membuat pengendara kebauan.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat