visitaaponce.com

Lanud El Tari Kupang Naik Level ke Tipe A, Ini Dampaknya

Lanud El Tari Kupang Naik Level ke Tipe A, Ini Dampaknya
Komandan Lanud El Tari Kupang Marsekal Muda (Marsma) TNI Umar Faturahman(MI/Palce Amalo)

PANGKALAN Udara (Lanud) El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur telah ditingkatkan dari sebelumnya berstatus Tipe B menjadi Tipe A.

Komandan Lanud El Tari Kupang Marsekal Muda (Marsma) TNI Umar Faturahman mengatakan, peningkatan status pangkalan untuk memberikan penguatan pengamanan udara di wilayah selatan Indonesia.

"Peningkatan status sudah sejak Maret 2021, harapanya ke depan sesuai perintah Panglima TNI akan memberikan penguatan di wilayah selatan," katanya kepada wartawan, Kamis (30/9).

Dengan naiknya status tersebut, secara bertahap akan dilakukan penambahan alusitsa, personil, dan peningkatan pengamanan. Untuk skuadron, tambahnya masih dalam tahap perencanaan, namun saat ini Lanud El Tari sudah memiliki hanggar untuk pesawat tempur. Menurutnya, saat ini Lanud El Tari masih berstatus pangkalan operasi, bukan pangkalan induk.

Pada Jumat (1/10), sejumlah pesawat tempur Super Ticanao akan tiba Kupang untuk melakukan patroli rutin di perbatasan wilayah NTT dengan negara tetangga. Sebelumnya, jet tempor Sukhoi dan F-16 milik TNI AU juga berpatroli rutin di perbatasan selatan Indonesia.

Marsma Umar Faturahman mengatakan patroli pengamanan perbatasan udara juga pernah digelar bersama Angkatan Udara Australia. "Patroli bersama ini untuk pengintaian, apabila ada pesawat asing masuk, siapa yang action," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Baru 44 Sekolah Dinilai Siap PTM di Kota Bogor

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat