visitaaponce.com

Desa Tajongkek Pariaman Kembangkan Budi Daya Ikan Air Tawar

Desa Tajongkek Pariaman Kembangkan Budi Daya Ikan Air Tawar
Ilustrasi tambak ikan air tawar(MI/Briyanbodo H)

DESA Batang Tajongkek, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, mengembangkan budi daya ikan air tawar yang merupakan hasil pembinaan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman. Hal tersebut dibuktikan dengan digerakannya program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) penambahan kolam ikan Desa Batang Tajongkek guna menunjang sektor Ketahanan Pangan dan Hewan.

Kepala Desa Batang Tajongkek Riko Herianto menerangkan kegiatan PKTD ini dianggarkan dari Dana Desa dan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat Desa Batang Tajongkek.

"Kita melalui Pemerintah Desa Batang Tajongkek sedang mendorong sektor budi daya perikanan air tawar guna meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di desa," ujar Riko, Sabtu (12/3).

Baca juga:  Gubernur Kalteng Dukung Pengembangan Kawasan Budi Daya Udang Vaname

Adapun sektor budi  daya ikan air tawar yang dikembangkan adalah budi daya ikan nila, hal ini berdasarkan tingkat perawatan dan pengembangan yang cukup mudah dan permintaan pasar yang lumayan tinggi sehingga peluang penjualan pun masih tinggi.

"Maka dari itu, kita berharap kepada masyarakat bagi yang mempunyai kolam agar dapat lebih mengoptimalkan dan mengembangkan untuk budi daya ikan air tawar ini. Selain itu pengembangan sektor budi daya ikan air tawar ini adalah rangkaian pengembangan Integrated Farming System Desa Batang Tajongkek," tukasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat