visitaaponce.com

BPBD Banyumas Antisipasi Kekeringan dan Karhutla Saat Kemarau

 BPBD Banyumas Antisipasi Kekeringan dan Karhutla Saat Kemarau
Warga antri air bersih.(ANTARA)

MESKI tahun ini musim kemarau relatif basah, tetapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas menyiapkan antisipasi. Tahun ini, BPBD Banyumas menyiapkan air bersih sebanyak 100 tangki berkapasitas 5 ribu liter.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan pihaknya menyiapkan 100 tangki air bersih untuk menyuplai kebutuhan warga. "Walaupun saat ini kemarau basah, tetapi BPBD tetap menyiagakan tiga tangki pengangkut air bersih. Alokasi anggaran untuk 100 tangki atau 500 ribu liter," kata Budi kepada Media Indonesia pada Selasa (12/7).

Menurutnya, pihaknya telah memetakan daerah-daerah yang rawan terjadinya kekeringan. Hampir setiap kecamatan di Banyumas mempunyai  wilayah-wilayah yang rawan krisis air bersih.

"Ada sejumlah wilayah di Banyumas yang langganan kekeringan. Hampir setiap kecamatan ada yang mengalami krisis air bersih. Di antaranya adalah Purwojati, Ajibarang, Rawalo, Kebasen, Sumpiuh dan lainnya," ujar Budi.

Selain itu, lanjutnya, BPBD juga menyiapkan antisipasi kalau ada kebakaran hutan. "Karhutla juga diantisipasi," tambahnya. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat