visitaaponce.com

Gubernur Kalsel Tinjau Jalan Trans Kalimantan Putus akibat Tambang

Gubernur Kalsel Tinjau Jalan Trans Kalimantan Putus akibat Tambang
Gubernur Sahbirin Noor (kedua kiri) pimpin rombongan turdes ke pelosok Kalimantan Selatan, Kamis (3/11/2022)(MI/Denny S)

GUBERNUR Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor meninjau langsung kondisi ruas jalan Trans Kalimantan di Desa Satui Barat km 171 Satui, Kabupaten Tanah Bumbu yang putus beberapa waktu lalu, akibat adanya aktivitas tambang.

Peninjauan kondisi kerusakan jalan utama menuju Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, serta kondisi kerusakan puluhan rumah warga sekitar ini merupakan rangkaian kegiatan blusukan ke desa-desa dan pedalaman (turdes) di sejumlah kabupaten.

"Kita minta ini menjadi perhatian semua pihak terkait, terutama untuk perbaikan ruas jalan nasional juga perhatian terhadap warga yang terkena dampak," tegas Sahbirin, Jumat (4/11/2022).

Seperti diketahui ruas jalan Trans Kalimantan di Desa Satui Barat, Kabupaten Tanah Bumbu, kembali terputus akibat longsor. Terputusnya jalan utama ini setidaknya sudah tiga kali terjadi, meski sebelumnya upaya perbaikan darurat ruas jalan dengan cara menimbun ruas jalan yang ambles telah dilakukan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) wilayah Kalimantan.

Selain mengakibatkan jalan rusak, longsor yang disebabkan aktivitas tambang batubara ini juga menyebabkan terjadinya kerusakan puluhan rumah warga sekitar. Kuat dugaan selain cuaca buruk longsor dipicu adanya aktivitas tambang batubara di sekitar jalan dan perkampungan warga.
Arus transportasi menuju ibukota Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru terpaksa dialihkan.

Agus Rismalian Nor, Kuasa Hukum Warga Desa Satui Barat, mengatakan ada sejumlah perusahaan tambang yang beroperasi di sekitar lokasi kejadian antara lain IUP PT Autum bara energy, IUP CV Anugerah Borneo Coal dan IUP PT Mitra Jaya Abadi Bersama. Wilayah ini juga masuk
konsesi PT Arutmin Indonesia.

Kegiatan blusukan yang dipimpin Gubernur Kalsel ini dijadwalkan berlangsung tanggal 3-7 November 2022. Turdes ini melibatkan ratusan motor trail dan puluhan truk pengangkut aneka bantuan untuk masyarakat desa.

Adapun rute turdes dimulai dari Kota Banjarbaru menuju Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru. Kemudian menuju Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Banjar, Barito Kuala dan berakhir di Kota Banjarmasin. (OL-13)

Baca Juga: 456 Kilometer Jalan di Kalsel Dikepung Tambang Bencana Menanti

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat