visitaaponce.com

630 Bakal Caleg Pemilu 2024 di Sikka Jalani Tes Kesehatan dan Urus SKCK

630 Bakal Caleg Pemilu 2024 di Sikka Jalani Tes Kesehatan dan Urus SKCK
Bacaleg DPRD Sikka antre menjalani tes kesehatan dan mengurus SKCK(MI/Gabriel Langga)

SEBANYAK 630 bakal calon legislatif (bacaleg) anggota DPRD Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, yang maju pada Pemilu 2024 disibukkan dengan mengikuti tes kesehatan dan mengurusi surat kelakuan baik (SKCK)

Berdasarkan pantauan mediaindonesia.com, Kamis (27/4), terlihat para bakal calon legislatif DPRD Kabupaten Sikka dari 17 partai peserta Pemilu 2024 antre mengikuti tes kesehatan di RSUD TC Hillers Maumere untuk mengikuti tes kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba. 

Selain itu, mereka juga mengikuti tes kejiwaan. Hasil tes tersebut nantinya bakal digunakan untuk melengkapi syarat pendaftaran bakal caleg anggota DPRD Kabupaten Sikka agar dapat bertarung dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca juga : Jelang Masa Pendaftaran Caleg, KPU Diminta Perhatikan Kelencaran Sistem Digital

Selain dari rumah sakit RSUD dr.TC Hillers Maumere, ada beberapa bacaleg pun langsung ke Kantor Polres Sikka dengan menteteng beberapa map. Kedatangan para bakal caleg untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Mereka pun dilayani secara humanis oleh anggota Polres Sikka

Ketua KPU Kabupaten Sikka, Yohanes Krisostomus Feri menyebutkan, pemeriksaan kesehatan para bacaleg ini sudah berdasarkan PKPU Nomor 10 Tahun 2023 yang tidak disebutkan standar tertentu.

Baca juga : DPP PPP Fasilitasi Bacaleg DPR RI Penuhi Persyaratan Lewat Tes Kesehatan

"Dalam persyaratan harus ada surat keterangan sehat jasmani, sehat rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Yang mana ketiga surat tersebut harus dikeluarkan oleh rumah sakit milik pemerintah yang memenuhi syarat atau fasilitas kesehatan yang memenuhi syarat. Kalau kita di Sikka ini kan di RSUD Tc Hillers Maumere itu memenuhi syarat karena tahun 2019 itu juga dilakukan tes kesehatan di sana," papar dia.

Pendaftaran Caleg pada Pemilu 2024 dibuka pada 1 Mei sampai dengan 14 Mei 2023 mendatang di Kantor KPU Kabupaten Sikka. 

"Jadi tanggal 1 Mei 2023 kita sudah buka pendaftaran Calegnya" pungkas dia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat