visitaaponce.com

Surat Bebas Narkoba Syarat Wajib Masuk Sekolah di Sulteng

Surat Bebas Narkoba Syarat Wajib Masuk Sekolah di Sulteng
Ilustrasi. Sejumlah siswa mengikuti satu kegiatan di SDN Inpres Lolu di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.(ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

FORUM Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sulawesi Tengah (Sulteng), mendukung diberlakukannya surat bebas narkoba sebagai salah satu persyaratan untuk calon murid yang telah lolos seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023-2024 di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Ketua Forum MKKS SMA Sulteng, Salim megatakan, pemerintah Sulteng sebelumnya telah menetapkan agar seluruh sekolah khusus SMA bisa membuat aturan untuk surat bebas narkoba kepada calon murid yang telah lolos seleksi.

Tes tersebut, lanjutnya, memang tidak mempengaruhi lolos atau tidaknya murid masuk sekolah, tetapi dengan adanya tes tersebut, sekolah bisa mengetahui calon murid yang telah terkonfirmasi narkoba untuk ditangani secara baik.

Baca juga: BNN Gelar Dialog Pemuda Nusantara di Sulteng

“Aturan itu sangat baik. Tentu kami sangat mendukung untuk diterapkan ke seluruh sekolah,” terangnya di Palu, Minggu (28/6).

Tes Narkoba Tidak Gugurkan Proses Seleksi

Menurut Salim, meski aturan itu diterapkan tidak menggugurkan proses seleksi calon murid masuk sekolah.

Terlebih, tes tersebut dilampirkan, ketika calon murid telah dinyatakan lolos masuk sekolah yang mereka inginkan.

Baca juga: Gandeng Nyalanesia, Disdikbud Parigi Moutong Sukses Gelar Festival Literasi

“Karena dengan adanya tes itu, sekolah bisa mengetahui calon murid mana yang menggunakan narkoba untuk diberikan pembinaan secara maksimal,” tegasnya.

Baca juga: Pemprov Sulteng Minta BKKBN Jadi Ujung Tombak Menangani Stunting

Salim menambahkan, bahwa tujuan dari syarat tersebut, sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap seluruh peserta didik.

“Saat ini narkoba sudah menjalar di kalangan masyarakat, terutama kepada para pelajar. Oleh karena itu, dengan adanya surat bebas narkoba tersebut pihak sekolah bisa mengetahui jumlah siswa yang pernah menggunakan narkoba dan perlu dibina dengan baik,” tandasnya. (TB/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat