visitaaponce.com

Kemarau, Sejumlah Kawasan di Lamongan Panen Raya Padi

Kemarau, Sejumlah Kawasan di Lamongan Panen Raya Padi
Ilustrasi - Sejumlah kawasan di Lamongan, Jawa Timur memasuki masa panen raya.(Antara)

KETIKA kawasan lain mengalami kekeringan, beberapa kawasan di Lamongan, Jawa Timur (Jatim), memasuki panen raya. Panen Raya Padi kali ini menerapkan Manajemen Tanam Sehat (MTS) di Lahan Sekolah Lapang Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu (SL-PHT) Desa Prijekngablak Karanggeneng,  Selasa (27/6).

Terlebih, program tersebut dilaksanakan pada lahan desa dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Bupati Yuhronur Efendi mengaku bangga hasil tanam padi yang menggunakan manajemen tanaman sehat tersebut. Menurut dia, apa yang dilakukan petani Prijengablak ini dapat dijadikan inspirasi bagi petani lain.

Baca juga: Panen Padi di Lombok Barat, Mentan SYL Ajak Petani Bersama Hadapi EL Nino

Program ini memanfaatkan dana desa untuk kelangsungan ketahanan pangan dengan melaksanakan SL-PHT. "Tentu yang dilakukan oleh seluruh petani Prijengablak ini dapat menjadi inspirasi bagi petani lain, terlebih menggunakan dana desa untuk ketahanan pangan, " kata Bupati.

"Dengan program ini juga panjenengan secara mandiri bisa membuat pupuk di SL-PHT dengan keterbatasan pupuk subsidi pemerintah. Kemandirian panjenengan ini lah yang memunculkan kearifan lokal yang kadang tidak bisa dilakukan di tempat lain, tapi struggle panjenengan sedoyo bisa melaksanakan dengan sebaik-baiknya, ini termasuk daya juang yang bisa menjadi inspirasi bagi petani lain," tambahnya.

Baca juga: Cukup Tunjuk KTP, Petani Di Babel Bisa Tebus Pupuk Bersubsidi

Bupati juga memuji cara petani menggunakan agen hayati dalam upaya mengusir hama penyerang padi. Seperti penggunaan rumah burung hantu (rubuha), Keong Emas, dan kotoran sapi.

"Ini bisa menjadi pengalaman baru, biasanya tikusnya bahkan tidak menyisakan hasil padi untuk petani, karena menggunakan Gondang (keong emas) terus ditambahi kotoran sapi dan sebagainya sekarang tikusnya gak doyan (tidak berselera makan padi). artinya apa termasuk hama-hama yang lain dapat diatasi dengan agen hayati dengan biosaka dan sejenisnya," pungkaanya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat