visitaaponce.com

BPBD Sumsel Fokuskan Penanganan Karhutla di OKI

BPBD Sumsel Fokuskan Penanganan Karhutla di OKI
Ptugas melakukan simulasi pemadam kebakaran jelang musim kemarau tahun ini, di Sungai Baung, Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.(MI/DWI APRIANI)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatra Selatan menfokuskan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori di Palembang pada Senin (14/8) mengatakan berdasarkan data yang dihimpun BPPD Sumsel per 13 Agustus 2023, tercatat seluas 30 hektare (ha) lahan terbakar di OKI.

"Oleh sebab itu, kebakaran hutan dan lahan di OKI, menjadi perhatian kami. Bahkan sepanjang bulan Agustus, OKI sudah terpantau terjadi karhutla yang cukup luas," katanya seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Hari Tanpa Hujan, BMKG Ingatkan Potensi Karhutla

Ia menjelaskan kebakaran hutan dan lahan di OKI merupakan dampak El Nino dimana sudah terjadi kekeringan di lahan gambut OKI.

Kemudian, meluasnya kebakaran hutan dan lahan di daerah ini juga disebabkan tidak ada hujan yang turun sejak beberapa hari terakhir.

Maka dari itu, pihaknya saat ini semakin giat melakukan patroli dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga: Penegakan Hukum kepada Perusahaan Penyebab Karhutla Perlu Digalakkan

"Kami membantu waterboombing dengan helikopter untuk memadamkan kebakaran, karena sejumlah titik lokasi sulit diakses tim darat," jelasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan teknik modifikasi cuaca (TMC) yang dilakukan untuk mencegah karhutla itu tidak berjalan maksimal.

Kepala BPBD OKI Lestiadi mengatakan tahun ini menjadi tahun dengan musim kemarau kering dan siklus empat tahunan di wilayah Kabupaten OKI. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat