visitaaponce.com

Bank Indonesia Galakkan Pembayaran Nontunai di Palembang

Bank Indonesia Galakkan Pembayaran Nontunai di Palembang
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Selatan Ricky P Gozali.(MI/DWI APRIANI)

PEMBAYARAN nontunai makin digalakkan di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel). Bahkan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumsel meluncurkan Mall Siap QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Palembang Indah Mall, Rabu (16/8).

Kepala BI Perwakilan Sumsel Ricky P Gozali mengatakan pihaknya mencatat nominal transaksi melalui sistem pembayaran QRIS per Juni 2023 mencapai 197,6 persen atau setara dengan Rp187 miliar secara year on year (yoy).

"Volume transaksi QRIS juga telah tercatat sebanyak 1,2 juta transaksi atau tumbuh 62,2 persen. Dan merchant di Sumsel masih mengalami pertumbuhan sebesar 50,6 persen yoy," ujar Ricky.

Baca juga: Masyarakat Terus Diajak Biasakan Pakai QRIS

Ia menambahkan, pada tahun ini, di Sumsel ditargetkan mengalami penambahan pengguna QRIS baru sebanyak 495 ribu dan volume transaksi mencapai 13,4 juta volume transaksi.

"Pada Juni 2023 tercatat 51 ribu penambahan pengguna baru atau sudah mencapai 51,8 persen dari target. Sementara volume transaksi pada Juni 2023 tercatat 8,6 juta transaksi atau sebesar 64,3 persen dari target," jelasnya.

"Harapannya dengan acara ini dapat meningkatkan inklusivitas keuangan sehingga masyarakat bisa lebih melek lagi mengenai digitalisasi dan mencapai target yang telah ditetapkan," jelas Ricky.

Baca juga: BI Klaim Biaya Qris 0,3% tidak Beratkan UMKM

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Setda Sumsel Hengky Putrawan mengatakan ekonomi dan keuangan digital melalui pemanfaatan akses layanan keuangan sepertinya QRIS, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang kondusif ke depan.

"Harapannya QRIS ini dapat menjadi senjata kuat untuk semakin meningkatkan ketajaman ekonomi Sumsel ke depan," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat