visitaaponce.com

Menteri Hadi Hadiri Panen Raya Sertipikat PTSL di Candi Muaro Jambi

Menteri Hadi Hadiri Panen Raya Sertipikat PTSL di Candi Muaro Jambi
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto(MI/HO)

MENTERI ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyerahkan sertifikat hak pakai Candi Muaro Jambi seluas 97,2 hektare dalam acara Panen Raya Sertifikat PTSL di Jambi. Menteri Hadi menyampaikan, penyerahan sertifikat hak pakai Candi Muaro Jambi ini adalah bentuk komitmen dari Kementerian ATR/BPN untuk menyelamatkan situs-situs cagar budaya di Indonesia.

Baca juga: Program PTSL Di Cianjur Ditargetkan Sertifikasi 10 Ribu Ha Lahan

Dalam acara yang berlangsung di kawasan Candi Muaro Jambi ini juga diserahkan sertifikat masyarakat hasil PTSL.

"Saya sampaikan bahwa dari estimasi jumlah bidang tanah di Jambi sebesar 2,5 juta bidang, telah terdaftar sebanyak 1,8 juta bidang tanah (72%). Maka tersisa ± 650.000 bidang yang belum terdaftar. Oleh karena itu, terhadap bidang tanah yang belum didaftarkan agar segera dipetakan dan didaftarkan, sehingga pada tahun 2025 seluruh bidang tanah sudah terdaftar sesuai dengan target," ujar Hadi lewat keterangan yang diterima, Kamis (24/8).

Baca juga: Menteri ATR/BPN Serahkan 1.055 Sertifikat Aset Pemerintah di Kalsel

Menteri Hadi mengapresiasi kinerja BPN dan dukungan Forkompimda dan masyarakat Provinsi Jambi terhadap program PTSL di Jambi, "Dari hasil penyertifikatan tanah sejak 2017, nilai pertambahan yang dihasilkan dari pendapatan pajak PPH, BPHTB, Penerimaan Negara Bukan Pajak, serta Hak Tanggungan, negara telah mendapatkan nilai pertambahan ekonomi sebanyak ± Rp5.793 triliun. Nilai ini setara dengan 2 (dua) kali APBN. Khusus untuk Jambi, nilai pertambahan ekonominya sebesar Rp8,6 triliun," ujar mantan Panglima TNI itu.

Dalam kesempatan itu, Menteri Hadi juga menyerahkan sertifikat aset BMN dan BMD,  rumah ibadah, wakaf, UKM serta tanah hasil redistribusi tanah di Provinsi Jambi. Acara ini dihadiri juga oleh Gubernur Jambi, Bupati dan Walikota se-Provinsi Jambi serta unsur Forkompimda.

Setelah itu, Menteri Hari beserta rombongan dijadwalkan blusukan langsung ke rumah warga untuk mengecek langsung realisasi program PTSL di beberapa titik di Jambi. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat