visitaaponce.com

Kabut Asap Menyergap Jambi, Kegiatan Sekolah Dibatasi

Kabut Asap Menyergap Jambi, Kegiatan Sekolah Dibatasi
Kabut asap membuat langit di Kota Jambi terlihat gelap pada Rabu (6/9) pagi, dan ini sudah terjadi sejak tiga hari terakhir.(MI/Solmi)

SELAIN memerintahkan penggunaan masker untuk siswa seluruh jenjang pendidikan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha meminta para pemangku sekolah dan para guru pengajar mengurangi aktivitas belajar di luar ruang.

"Kami sudah memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan untuk membagikan masker ke sekolah-sekolah. Kita juga sudah mengeluarkan instruksi kepada para kepala sekolah dan jajaran untuk mewajibkan anak-anak didiknya menggunakan masker pada saat kegiatan di luar.

"Melihat buruknya kualitas udara akibat dampak kaut asap tiga hari ini, kegiatan belajar-mengajar di luar ruang kita minta dikurangi atau distop sementara, menjelang kondisi udara membaik," kata Syarif Fasha usai menyambangi sejumlah sekolah, Rabu (6/9).

Baca juga : Asap Karhutla Masuk Palembang, Warga Diimbau Pakai Masker

Menurut Walikota Syarif Fasha,  berdasarkan hasil analisa dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, dalam kurun tiga hari terakhir, kualitas udara di Kota Jambi masuk kategori sedang hingga tidak sehat.

Dikatakan, tingkat pencemaran udara terburuk umumnya terjadi pada pagi hari, hingga pukul 09.00 WIB. Seiring menipisnya kabut asap, pada siang hingga menjelang sore tingkat pencemaran udara lumayan membaik. Namun sepanjang malam, udara di Kota Jambi umumnya tergolong tidak sehat.

Baca juga : Ribuan Warga Terserang ISPA Akibat Kabut Asap

Sebagai langkah kontingensi pencegahan dan penanganan bencana kabut asap di Kota Jambi. Fasha akan mengaktivasi kembali Satgas Penanganan Bencana Kabut Asap.

Seluruh puskesmas disiagakan untuk melayani masyarakat yang terkena ISPA. Jika kondisi kian memburuk, Fasha menyatakan akan menyiapkan rumah singgah oksigen untuk menolong korban paparan kabut asap. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat