visitaaponce.com

Bawaslu Surabaya Temukan Pengurus BMUD Terlibatkampanye

Bawaslu Surabaya Temukan Pengurus BMUD Terlibat kampanye
Ilustrasi(MI)

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya , Provinsi Jawa Timur, mengungkap temuan pengurus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diduga terlibat kampanye.

Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Surabaya Muhammad Agil Akbar mengatakan beberapa pengurus BUMD Pemkot Surabaya yang diduga terlibat praktik kampanye.

"Kami juga rencana minta keterangan (memanggil) beberapa pengurus BUMD pemkot, terkait keterlibatan dalam praktik kampanye," kata Agil di Surabaya.

Baca juga : Pemkot Malang Larang ASN Cuti Saat Pemilu 2024

Bawaslu Surabaya juga memanggil beberapa orang yang terlibat dalam penyelenggaraan acara konser musik yang diwarnai atribut kampanye Rabu (6/12) lalu.

"Jadi mereka akan kita undang para pihak yang diduga terlibat acara bikers, Selasa kita undang pengurus BUMD yang terlibat kampanye," terangnya.

Namun begitu, Agil tak menjelaskan, keterlibatan pengurus BUMD dalam kampanye kegiatan apa. "Beda (dengan acara di Tugu Pahlawan," tandasnya.

Baca juga : PDIP Jabar Laporkan Ridwan Kamil ke Bawaslu

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menanggapi, setuju bahwa pegawai maupun pengurus BUMD juga Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak boleh mengikuti  kampanye.

"Kalau ternyata ada temuan itu, BUMD, ASN yang memang tidak diperbolehkan untuk mengikuti kampanye aktif itu bisa dibuktikan, berikan sanksi sesuai aturan yang berlaku. Kalau bisa berjalan lebih bagus, karena Surabaya harus terjaga suasana kondusifnya karena kepentingan saya, masyarakat jauh lebih penting dari pada pemilihan yang bisa merusak silaturahim Surabaya," beber Eri ditemui terpisah.

Ia mengaku akan menyerahkan sepenuhnya pada bawaslu. Jika terbukti ada pegawai yang melanggar, Eri juga siap memberikan sanksi.

"Segera proses, kalau berat, sampaikan saya, saya akan beri sanksi sesuai peraturan perundang-undangan," tandasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat