visitaaponce.com

Sejak Awal Desember, Lonjakan Covid-19 di Bali Terlaporkan Sebanyak 43 Kasus, 1 Meninggal

Sejak Awal Desember, Lonjakan Covid-19 di Bali Terlaporkan Sebanyak 43 Kasus, 1 Meninggal
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali.(Antara)

KASUS positif covid-19 di Bali sejak awal Desember 2023 terlaporkan sebanyak 43 kasus. Kasus ini tersebar di 6 kabupaten/kota di Bali. Satu pasien dilaporkan meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Nyoman Gede Anom menyebutkan penyebaran di 6 kabupaten/kota tersebut yakni Kabupaten Badung 16 kasus, Karangasem 9 kasus, Jembrana 6 kasus, Gianyar 3 kasus, Buleleng 1 kasus sedangkan Kota Denpasar sebanyak 8 kasus dengan kematian 1 orang.

“Jumlah sebanyak 43 kasus itu tersebar di enam kabupaten dan kota dengan kematian satu orang,” ujar Nyoman Gede Anom, Rabu (13/12).

Baca juga: Warga Terpapar Covid-19 di Kota Semarang Delapan Orang

Terkait munculnya lonjakan kasus covid-19 ini, lanjut Nyoman Gede Anom, Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan Surat edaran nomor HK.02.02/C/4815/2023 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Kasus Covid-19 yang menginstruksikan agar melakukan beberapa upaya kewaspadaan pada pintu masuk , di wilayah termasuk kesiapan dan kewaspadaan di fasyankes dan laboratorium.

Menindaklanjuti surat dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, tanggal 8 Desember 2023, perihal Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri, Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengeluarkan Surat Edaran Nomor 13070Tahun 2023 kepada seluruh Dinas Kabupaten/Kota, KKP Kelas I Denpasar dan rumah sakit.

Baca juga: Dua Pasien Covid-19 di Jakarta Meninggal, Kelompok Komorbid Diminta Waspada

“Peran Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar di pintu masuk, melakukan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dengan menyediakan masker kepada para wisatawan dan melakukan KIE untuk menerapkan protokol Kesehatan,” ujarnya.

Selain itu juga perlu diupayakan agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi dengan memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi Covid-19 dan menyarankan agar masyarakat melakukan vaksinasi Covid-19 sampai booster kedua.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat